Home Kaltara Pelatihan Jurnalistik Bagi Pelajar, Wabup Jakaria : Tingkatkan Budaya Literasi

Pelatihan Jurnalistik Bagi Pelajar, Wabup Jakaria : Tingkatkan Budaya Literasi

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Komunitas Jurnalis Kawan Anak (Jurkawan) Malinau melaksanakan program pelatihan inspiratif dengan serial Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar bagi Pelajar. Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau selama dua hari, yakni tanggal 16 hingga 17 Maret 2022.

Pelatihan Jurnalistik ini mengangkat tema “Membentuk Generasi Sadar Literasi, Bijak Manfaatkan Teknologi di Tengah Digitalisasi Informasi” dan diikuti oleh puluhan pelajar dari jenjang SMP-SMA/ sederajat di Kabupaten Malinau.

Kegiatan ini juga di dukung oleh program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. BDMS-MA yang merupakan sponsor utama dalam berlangsungnya kegiatan tersebut.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini juga turut mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau.

Wakil Bupati Kabupaten Malinau, Jakaria SE.,M.Si dalam kesempatannya mengatakan, kegiatan ini adalah langkah yang sangat baik sekali, karena memang setiap perubahan perubahan di Malinau harus tercatat dan terdokumentasi dengan baik, sehingga tentu harus ada yang mendokumentasikan.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan program Coorporate Social Responsibility (CSR) dari PT. BDMS-MA yang telah mendukung kegiatan pelatihan bagi pelajar.

Dalam kegiatan pelatihan ini, Panitia Pelaksana tidak serta-merta ingin menggiring para pelajar untuk menjadi seorang jurnalis, namun lebih kepada menanamkan pemahaman yang tepat mengenai literasi media, kaidah dan etika bermedia sosial di tengah derasnya arus perkembangan teknologi dan informasi.

Maupun melawan serta menangkal peredaran berita-berita palsu (hoax).

Menurut Bang Jack, sapaan akrab Wabup Jakaria, kegiatan ini merupakan sebuah terobosan yang selaras dengan program Pemerintah Daerah, karena sangat terkait dengan upaya investasi sumber daya manusia yang juga menjadi tujuan Pemerintah Daerah Malinau kedepannya.

“Ini penting bagi generasi milenial Malinau dalam rangka turut berpartisipasi kedepan dalam membangun Kabupaten Malinau melalui jurnalistik, paling tidak mereka mengetahui apa itu jurnalistik, bukan menyampaikan berita-berita hoax, paling tidak seperti itu. Karena era globalisasi sekarang ini, berbagai informasi baik yang benar atau pun yang tidak benar ini cepat sekali beredar di masyarakat,” ungkapnya, Kamis (17/3/2022).

“Paling tidak setelah mereka mengikuti pelatihan ini, para murid sudah bisa mengetahui dan memilah mana berita yang bisa diinformasikan pada masyarakat dan mana yang tidak,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Malinau, Fureng Elisa Mou dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada Jurkawan dan para Jurnalis di Malinau yang telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi pelajar tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi dan tentunya kami sangat mendukung penuh terselenggaranya acara ini. Saya harapkan para siswa kedepan mampu memahami dan telah memiliki wawasan terhadap bidang Jurnalistik di tengah canggihnya teknologi dan digitalisasi informasi,” imbuhnya.

Reporter: A. Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved