Home Kaltara Asisten I Pemkab Malinau Hadiri Rapat Persiapan Percepatan Eliminasi Malaria di Malinau

Asisten I Pemkab Malinau Hadiri Rapat Persiapan Percepatan Eliminasi Malaria di Malinau

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pertemuan Koordinasi Lintas Sektoral dalam Percepatan Eliminasi Malaria di Kabupaten Malinau dilaksanakan di ruang pertemuan Laga Feratu, Kantor Pemda Malinau, pada Rabu (21/6/2023).

Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H. Kamran Daik menghadiri sekaligus membuka pertemuan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara dan mengundang dr. Dessy narasumber dari Kementerian Kesehatan RI.

Dalam kesempatannya, ia menyampaikan bahwa Malaria masih menjadi masalah kesehatan Nasional, oleh karena itu ia mengajak semua elemen masyarakat bersama menjaga lingkungan agar selalu bersih dan sehat.

Sebagai upaya untuk mengeliminasi kasus Malaria di Bumi Intimung, ia menekankan pentingnya peran Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk terus melakukan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat melakukan surveilans untuk mengetahui dimana lokasi, melakukan pengobatan serta melakukan edukasi masyarakat agar semakin mengerti tentang bahayanya penyakit Malaria.

Ia pun berharap khususnya bagi Tenaga Kesehatan pada Puskesmas di masing-masing wilayah, agar terus melakukan edukasi preventif kepada masyarakat.

“Jika ada masyarakat yang menderita kasus Malaria segera ditangani dan dilanjutkan dengan surveilans serta tracking sehingga segera diberantas penyebarannya,” imbuhnya.

Diketahui, kegiatan ini merupakan bentuk atau respon cepat Pemerintah Provinsi Kaltara dan Pemerintah Daerah Malinau dalam hal memerangi pencegahan penyebaran Malaria meskipun persebaran di Kabupaten Malinau masih terbilang rendah.

Melalui Kementrian Kesehatan yang merupakan mitra Pemerintah dalam hal menjaga stabilitas pertumbuhan dan kesehatan masyarakat, hadir dan memberikan respon terhadap pentingnya menjaga atau mengantisipasi penyebaran Malaria dan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan P2KB Malinau.

“Meskipun di Malinau angka penyebaran Malaria masih rendah tetapi bukan artinya hilang, karena penyakit seperti ini tergantung geografisnya. Maka kita harus tetap berhati- hati dan waspada terhadap penyakit ini,” pungkasnya.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved