Home Kaltara Buka Lomba APE Paud, Bupati : Peningkatan SDM Perlu Disiapkan Sejak Usia Dini

Buka Lomba APE Paud, Bupati : Peningkatan SDM Perlu Disiapkan Sejak Usia Dini

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa membuka secara resmi kegiatan Lomba Alat Permainan Edukatif (APE) PAUD dan kegiatan

Sosialisasi Transisi TK ke Sekolah Dasar (SD) Yang Menyenangkan bertempat di ruang Tebengang, Kantor Pemda Malinau, pada Rabu (31/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir H. Kamran Daik, Asisten I Pemkab Malinau, Marson R Langub, Asisten III Pemkab Malinau, Ny. Maylenthy Wempi, Ketua TP PKK Malinau, Ny. Rostinawati Ernes, Ketua GOW Malinau, para Kepala OPD Terkait, para Guru PAUD dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Wempi menyampaikan, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan lomba dan sosialisasi ini.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar diperoleh yang berkualitas dan bermutu perlu disiapkan sejak usia dini atau usia emas melalui pemberian perawatan, perlindungan dan pelayanan pendidikan,” ucapnya dalam sambutan.

Ia menambahkan, dengan adanya lomba ini, diharapkan agar dapat terus dikembangkan untuk permainan edukatif modern dan terus bersinergi supaya pendidikan anak di Kabupaten Malinau dapat lebih Maju dan Berkualitas.

Selain itu, gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar adalah sebuah gerakan bersama yang memasuki transisi peserta didik PAUD ke Sekolah Dasar dengan cara menyenangkan, dimulai dari tahun ajaran baru. Mengapa ini menjadi penting, oleh karena masa transisi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak.

“Masa transisi awal anak utamanya memasuki usia Sekolah Dasar merupakan aspek yang sangat penting, salah satunya menguatkan berbagai kemampuan pada anak. Maka diharapkan pada saat anak masuk Sekolah Dasar, minimal sudah dapat membaca,” ungkapnya.

Sementara itu, tujuan dari kegiatan lomba Alat Permainan Edukatif ini ialah juga untuk meningkatkan kreatifitas guru PAUD dalam memanfaatkan barang bekas menjadi APE yang aman dan menyenangkan bagi anak, mengembangkan motorik kasar untuk menanamkan karakter pada peserta didiknya, serta dengan pemanfaatan barang bekas ini juga sebagai media untuk saling meningkatkan kebersamaan dan kekompakan para pendidik dan penyelenggara PAUD.

Melalui kegiatan ini diharapkan juga akan mampu meningkatkan Kompetensi guru PAUD dan membuat pelajaran semakin aktif, kreatif serta menyenangkan melalui gerak dan lagu, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan semangat anak.

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved