Home Kaltara Bimtek Kreasi Tenun, Bupati Wempi Harap Dapat Meningkatkan Keterampilan & Ekonomi Pelaku UMKM

Bimtek Kreasi Tenun, Bupati Wempi Harap Dapat Meningkatkan Keterampilan & Ekonomi Pelaku UMKM

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Guna mendukung peningkatan keterampilan dan ekonomi para pelaku UMKM di sektor kerajinan, Pemerintah Daerah Malinau melalui Disperindagkop Malinau bersama TP-PKK Malinau dan Dekranasda Malinau menggelar pelatihan Kreasi Tenun kepada para peserta yang diikuti dari sejumlah perwakilan kecamatan di Kabupaten Malinau.

Dalam kesempatannya, Bupati Malinau, Wempi W Mawa sangat mendukung adanya pelatihan keterampilan atau Bimbingan Teknis Kreasi Tenun tersebut.

Ia menyebutkan, Kabupaten Malinau yang saat ini memiliki banyak destinasi wisata dan proyek investasi dari luar daerah, memiliki peluang besar bagi para pelaku UMKM.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Dinas Terkait bersama Mitra Pemerintah Daerah mampu menggerakkan industri ekonomi kreatifnya,” ucapnya, Selasa (4/7/2023).

Selain itu, Bupati Wempi juga mengungkapkan, Pemerintah juga mendorong adanya perkembangan dari industri produk lokal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi satu langkah penting dalam mewujudkan visi mendukung tumbuhnya wirausaha baru di Kabupaten Malinau. Pelaku wirausaha nantinya diharapkan agar bisa membuka kesempatan lapangan kerja baru untuk masyarakat.

“Kita harapkan melalui Pelatihan ini kedepan dapat melahirkan tangan-tangan penenun terampil asli dari Malinau. Termasuk dapat menghasilkan produk tenunan lokal unggulan dan dapat bersaing di pasaran,” ujarnya.

Ia menilai, kedepan dengan perkembangan dunia fashion yang ada, sektor kerajinan ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru, sehingga mampu mensejahterakan masyarakat itu sendiri.

“Baik peralatan, bahan baku dan pengerajin untuk mendukung semua proses pengembangan kerajinan kedepan semuanya harus berasal dari Kabupaten Malinau, itu mimpi yang harus kita wujudkan,” ungkapnya.

Bupati Wempi menambahkan, hasil dari pelatihan ini akan ditampilkan pada Perayaan IRAU Malinau Tahun 2023 yang akan digelar pada Bulan Oktober mendatang.

“Hasil dari pelatihan ini pasti akan memberikan nilai tambah dan dampak positif termasuk bagi meningkatnya pendapatan ekonomi bagi para peserta dan pelaku usaha,” imbuhnya.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved