Home Kaltara Bentuk Pokjanal Posyandu, Asisten I : Tingkatkan Fungsi & Kinerja Posyandu

Bentuk Pokjanal Posyandu, Asisten I : Tingkatkan Fungsi & Kinerja Posyandu

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dalam rangka meningkatkan koordinasi, pembinaan, evaluasi dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi serta kinerja Posyandu, maka dibentuklah Kelompok Kerja Operasional Pembinaan (Pokjanal) Posyandu.

Pembentukan dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu di Desa/Kelurahan dengan berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pedoman Pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu.

Bupati Malinau Wempi W. Mawa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Kamran Daik setelah membuka kegiatan Advokasi Pembentukan Pokjanal Posyandu Kabupaten Malinau menyampaikan, bahwa dengan adanya Pokjanal Posyandu ini tentu saja mempunyai tugas dan tujuan sebagai pemenuhan pelayanan kesehatan dan informasi dasar dalam peningkatan status gizi masyarakat.

Termasuk pelayanan program Keluarga Berencana (KB) dan pelayanan sosial dasar lainnya, semua harus dilakukan secara terintegrasi sebagai mitra dalam penyelenggaraan revitalisasi Posyandu.

“Guna mewujudkan kinerja Posyandu agar mampu melaksanakan kegiatan pokok dan kegiatan-kegiatan tambahannya, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) Posyandu yang memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsi Posyandu, menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat dan mengembangkan kemitraan dengan segenap unsur yang ada di daerah,” ucapnya, pada Kamis (6/7/2023).

Oleh karena itu, kata dia, dengan ditunjuknya para anggota yang menjadi Tim Pokjanal ini, agar serupa dengan Tupoksi regular di OPD masing-masing. Sehingga bisa sejalan dan mudah untuk dilaksanakan.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya menghimbau untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Serta berikan kontribusi pemikiran dan dukungan penuh pada kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini maupun pada rencana kerja Pokjanal kedepan,” imbuhnya.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved