Home Kaltara Bupati Wempi Hadiri Pemecahan Rekor MURI Dunia Dayak Kenyah, Dalam Pemakaian Ba’ Belanyat Terbanyak

Bupati Wempi Hadiri Pemecahan Rekor MURI Dunia Dayak Kenyah, Dalam Pemakaian Ba’ Belanyat Terbanyak

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Suku Dayak Kenyah Kabupaten Malinau telah menampilkan Pagelaran Seni dan Budayanya dalam IRAU ke- 10 dan HUT Kabupaten Malinau ke- 24 tahun di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, pada Selasa (10/10/2023).

Dalam kemeriahan pagelaran tersebut, Dayak Kenyah menampilkan berbagai seni tari-tarian hingga atraksi adat yang memukau.

Bupati Malinau Wempi W Mawa saat menghadiri kegiatan tersebut, dalam sambutannya merasa takjub atas tampilan pagelaran seni dan budaya yang dipersembahkan dan ditampilkan Dayak Kenyah.

Tampilan seni dan budaya ini merupakan kreasi-kreasi yang luar biasa dari bermacam-macam kekayaan kebudayaan yang dimiliki oleh Suku Dayak Kenyah.

Tidak hanya itu, Wempi juga memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat Dayak Kenyah yang telah memecahkan rekor MURI Dunia untuk Kabupaten Malinau.

MURI Dunia yang dicatat yaitu pemakaian Ba’ Belanyat terbanyak oleh Suku Dayak Kenyah Kabupaten Malinau yaitu sebanyak 1.500 berdasarkan data dari panitia.

“Ini menunjukkan bahwa Ba’ Belanyat milik masyarakat dayak, secara khusus telah ditunjukkan oleh masyarakat Dayak Kenyah Kabupaten Malinau sekaligus mempromosikan dan menggunakannya dalam kegiatan IRAU ke- 10 tahun ini,” ujarnya.

Diketahui, pada pagelaran seni dan budaya Dayak Kenyah ini di hadiri sebanyak 3.000 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan pedalaman, perbatasan hingga perkotaan yang ada di Kabupaten Malinau.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved