Home Kaltara Usai Pelatihan Bioflok Ikan Nila Milenial Mandiri, Wabup Jakaria Harap Peserta Lebih Mengembangkan Potensinya Kedepan

Usai Pelatihan Bioflok Ikan Nila Milenial Mandiri, Wabup Jakaria Harap Peserta Lebih Mengembangkan Potensinya Kedepan

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Melihat kondisi Kabupaten Malinau dengan potensi perikanan yang cukup menjanjikan diantaranya Nelayan Tangkap Tradisional, investor budidaya seperti adanya pengenalan kawasan metropolitan yang ada di Desa Malinau Seberang dan Kampung Budidaya Ikan Nila di Desa Malinau Kota.

Untuk mengoptimalkan potensi tersebut serta mewujudkan 5 komitmen daerah utamanya program kesejahteraan rakyat maka Pemkab Malinau terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan dalam arti luas.

“Pemerintah telah menyusun program dengan berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya pembudidayaan ikan air tawar seperti pendampingan, penyuluhan, pelatihan pembenahan, pelatihan pembuatan pakan ikan serta cara budidaya ikan di kolam konvensional maupun kolam terpal,” ujar Wakil Bupati Malinau Jakaria, pada Selasa (10/10/2023).

Melalui pelaksanaan pelatihan tersebut, Wabup Jakaria berharap para peserta yang mengikuti pelatihan dapat mengembangkan potensinya ke depan serta akan menunggu hasil dari pelatihan ini ke depan.

Mengingat pelatihan ini menyasar pada kaula muda/generasi milenial, maka pelatihan ini diharapkan tidak hanya sekedar pelatihan, perlu output, sertifikasi kompetensi karena kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian bagi generasi Malinau.

“Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan berdampak pula pada pengurangan tingkat pengangguran di Kabupaten Malinau,” ucapnya.

Diketahui, bahwa pelaksanaan pelatihan itu diikuti oleh 35 peserta yang merupakan perwakilan masing-masing milenial dari 4 kecamatan seputaran Malinau.

Pelatihan ini akan dilakukan dengan komprehensif dimana para peserta tidak hanya dilatih dengan sistem bioflok atau teknik budidaya melalui rekayasa lingkungan tetapi juga diajarkan bagaimana mendapatkan bibit ikan yang baik.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved