Home Kaltara Bendera Malaysia Tertancap Di Perbukitan Lumbis Hulu, Ditemukan Pemburu Dan Pencari Kayu Gaharu

Bendera Malaysia Tertancap Di Perbukitan Lumbis Hulu, Ditemukan Pemburu Dan Pencari Kayu Gaharu

by swarakaltara

NUNUKANSWARAKALTARA.COM – Bendera Malaysia dan Bendera Sabah, Negara bagian Malaysia, terpasang pada tiang kayu di gunung Alondom dan Gunung Paluan, wilayah Desa Tetagas, Kecamatan Lumbis Hulu, Nunukan, Kalimantan Utara.

Dua bendera tersebut, ditemukan warga setempat, yang sedang berburu dan mencari gaharu.

‘’Ada patok terbuat dari semen, semacam patok batas Negara di sekitar bendera Malaysia yang ditemukan. Patok tersebut bertuliskan RM dan masyarakat menduga itu Malaysia punya,’’ ujar tokoh pemuda Dayak Tahol, Jhon Tahol, Rabu (5/4/2023).

Temuan tersebut, menjadi gaduh dan meresahkan warga perbatasan, karena di sekitar lokasi bendera Malaysia, tidak berkibar bendera Indonesia.

Padahal, kata Jhon, gunung Alondom dan gunung Paluan, ada di wilayah Lumbis Hulu, yang merupakan wilayah NKRI.

‘’Tolong ini segera diperjelas. Masyarakat kita bertanya-tanya mengapa ada patok menyerupai patok batas Negara dengan bendera Malaysia di wilayah Indonesia,’’ ujarnya lagi.

Menurut Jhon Tahol, status perbatasan Sinapad yang dekat wilayah areal Lumbis Hulu, memang masih berstatus Outstanding Boundary Problem (OBP).

Sehingga sangat wajar, masyarakat heboh dan mempertanyakan keberadaan sejumlah bendera Malaysia di wilayah yang berjarak sekitar 13 Km dari patok batas Negara tersebut.

‘’Warga perbatasan sudah beratus tahun tinggal di lokasi ini. Tempat yang menjadi rumah nenek moyangnya, dan mereka sangat cinta NKRI. Sikap warga yang meminta penjelasan atas temuan mereka (bendera Malaysia), adalah salah satu bukti cinta dan kepedulian kepada NKRI,’’ tegas Jhon. (viq)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved