Gerakan Pramuka Nunukan Fasilitasi Penerbitan Akte Lahir Masyarakat

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Gerakan Pramuka Nunukan Kalimantan Utara menjadi fasilitator penerbitan akte lahir untuk memudahkan masyarakat wilayah perbatasan RI – Malaysia.

Anggota Pramuka bergerak dari rumah ke rumah untuk memberi edukasi pentingnya akte lahir sekaligus menjadi bagian dalam masalah sosial kemasyarakatan.

Wakil Ketua II Binawasa Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Sebatik Barat, Sawaludin mengatakan, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sebatik Barat sudah bermitra dengan Disdukcapil Nunukan dalam hal pelayanan penerbitan akta kelahiran.

“Kita memfasilitasi masyarakat yang kondisinya agak sulit jangkauannya, mereka kurang mengetahui seluk beluk pengurusan administrasi kependudukan” ujarnya, Jumat (17/4/2020).

Pola kemitraan bersama Pramuka Sebatik Barat juga akan sangat membantu Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nunukan dalam memberikan akte lahir masyarakat, karakteristik masyarakat perbatasan biasanya acuh tak acuh dengan urusan akte lahir.

Sawal menegaskan, gerakan ini agar terus berlanjut sampai betul-betul terwujud pelayanan yang sempurna dalam artian pelayanan kependudukan khususnya di Sebatik Barat.

“Bukan hanya akta kelahiran saja nantinya kita akan fasilitasi dokumen kependudukan lainnya, yang sekiranya masyarakat belum mengurus atau belum memiliki, bisa dibantu oleh Gerakan Pramuka.” tambahnya.

Kepala Disdukcapil Nunukan Akhmad mengapresiasi gerakan Pramuka atas inovasinya tersebut, Disdukcapil tidak bisa berjalan tanpa ada dukungan dari semua pihak, terutama dari Kecamatan dan semua elemen juga mitra-mitra yang ada.

“Alhamdulillah apa yang sudah dilakukan sangat mendukung sekali program pemerintah, kami ucapkan terima kasih dan berharap agar kiranya Kwartir Ranting lainnya bisa mengikuti jejak Kwartir Ranting Sebatik Barat.” katanya.

Gerakan ini berjalan dengan intens dan massif, sudah ada 61 akte lahir yang terbit dari gerakan ini, dengan rincian, Januari sampai Maret 2020 telah terbit 13 akte kelahiran dan tahun sebelumnya (2019) ada 48 akte yang terbit.(KU).

  • swarakaltara

    swarakaltara.com portal media online kaltara

    Related Posts

    Ciptakan Lingkungan Ramah Anak, Wabup Jakaria : Upaya Penurunan Angka Stunting di Malinau

    MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Upaya Pemerintah Daerah Malinau dalam capaian penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) terus dilakukan hingga saat ini. Salah satu upaya tersebut yakni mengatasi masalah kesehatan. Stunting merupakan salah…

    Pemkab Malinau Gelar Rapat Koordinasi, Jelang Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Terpilih

    MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Malinau pada Pilkada tahun 2020, Wempi W. Mawa -Jakaria akan dilantik pada Senin (26/4/2021) mendatang. Pelantikan di wacanakan akan digelar…

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Mungkin Kamu Melewatkan

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    Jalin Silaturahmi, Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Halal Bihalal Pemkab Malinau

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    Bupati Wempi Lepas 52 Calon Jemaah Haji Malinau Menuju Tanah Suci

    Terbang ke AS AHY Penuhi undangan Bank Dunia

    Terbang ke AS AHY Penuhi undangan Bank Dunia

    Masyarakat Adat Suku Dayak Tenggalan Malinau Usulkan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

    Masyarakat Adat Suku Dayak Tenggalan Malinau Usulkan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

    Apresiasi Kegiatan GOW, Bupati Harap Perempuan Malinau Semakin Inspiratif, Kreatif dan Inovatif

    Apresiasi Kegiatan GOW, Bupati Harap Perempuan Malinau Semakin Inspiratif, Kreatif dan Inovatif

    Kepungan Debu Di Area Tambang Sepanjang Pesisir Pantai  Palu Donggala. Jatam Dan Walhi Sulteng Desak Pemerintah Untuk Mengevaluasi Kegiatan Tambang Pasir Dan Batuan

    Kepungan Debu  Di Area Tambang Sepanjang Pesisir Pantai  Palu Donggala. Jatam Dan Walhi Sulteng Desak Pemerintah Untuk Mengevaluasi Kegiatan Tambang Pasir Dan Batuan