Home Kaltara Buka Kegiatan Job Fair Malinau, Sekda Ernes Minta Keterbukaan Informasi Perusahaan Terhadap Lowongan Kerja

Buka Kegiatan Job Fair Malinau, Sekda Ernes Minta Keterbukaan Informasi Perusahaan Terhadap Lowongan Kerja

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau, melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Malinau, menggelar kegiatan Job Fair 2023 dalam rangka merayakan Irau Malinau yang ke-10 dan HUT Malinau yang ke-24. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Malinau, Dr. Ernes Silvanus, yang mewakili Bupati Malinau Wempi W Mawa.

Job Fair 2023 ini melibatkan delapan perusahaan, termasuk BUMN dan swasta, yang menawarkan sebanyak 44 lowongan pekerjaan. Sebanyak 74 pencari kerja dari Kabupaten Malinau turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Acara dimulai dengan sesi sosialisasi dan bimbingan untuk para pencari kerja, yang dipandu oleh narasumber dari Lembaga Balai Kerja Tarakan dan PT. AMNK.

Dalam kesempatannya, Sekretaris Daerah Malinau, Dr. Ernes Silvanus mewakili Bupati Wempi W Mawa memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Job Fair 2023.

Ia menekankan pentingnya keterbukaan informasi dari pihak penyedia kerja terkait lowongan pekerjaan, memberi kesempatan kepada tenaga lokal Malinau, mempersiapkan tenaga kerja untuk kebutuhan masa depan, serta dorongan kepada pencari kerja untuk terus meningkatkan kemampuan diri dan ketekunan.

“Pengangguran tidak akan pernah selesai, bilamana antara Pemerintah, swasta atau pemberi kerja, dan pencari kerja tidak seimbang. Hubungan ini kita ibaratkan segitiga sama sisi, semua ikut berperan,” ungkap Ernes Silvanus, pada Jum’at (27/10/2023).

Sekda Ernes juga menyampaikan harapannya agar rentang waktu untuk pelaksanaan Job Fair berikutnya tidak terlalu lama, dan Dinas terkait agar dapat mengawasi perusahaan-perusahaan yang tidak menyampaikan informasi mengenai lowongan pekerjaan mereka.

Sementara itu, Emang Mering, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Malinau, selaku penyelenggara menjelaskan, bahwa kegiatan ini seharusnya dilaksanakan pada bulan September, namun dipindahkan ke tanggal 24 Oktober untuk memanfaatkan momen IRAU Malinau Ke-10 dan Peringatan HUT Malinau Ke-24.

Tujuan utama dari pelaksanaan Job Fair ini adalah mempertemukan pencari kerja dengan penyedia kerja, dengan harapan memudahkan pencari kerja di Malinau dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Malinau.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved