Home Post Dukungan Warga Sekitar Terhadap Pasien Positif Yang Isolasi Mandiri di Rumah

Dukungan Warga Sekitar Terhadap Pasien Positif Yang Isolasi Mandiri di Rumah

by swarakaltara

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Masyarakat di Nunukan Kalimantan Utara memberikan dukungan penuh terhadap dua pasien konfirmasi Corona Virus Disease 19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, mereka bahkan swadaya menjamin jatah hidup bagi keduanya.

Kondisi ini terjadi di RT.08 RW.02 Kelurahan Mansapa Nunukan Selatan, mulai dari Lurah, ketua RT, Ketua RW, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat kompak memberikan motivasi dan dukungan moral warganya agar segera pulih dari wabah corona.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penganganan Covid-19 Nunukan,  Aris Suyono memberikan apresiasi tinggi atas kepedulian masyarakat, tenggang rasa dan rasa tanggung jawab begitu tinggi antar sesama yang dipraktekkan menjadi sebuah pelajaran berharga yang diharapkan bisa dibudayakan oleh masyarakat lain.

‘’Apresiasi dari kami tim gugus tugas dan Pemkab Nunukan, ini adalah rasa kemanusiaan tinggi, sebuah motivasi dan edukasi bahwa pasien positif covid-19 bisa diisolasi mandiri di rumah,’’ujarnya, Minggu (17/05/2020).

Aris mengatakan Pemerintah angkat jempol terhadap sikap masyarakat Mansapa, tidak semua orang sadar akan kondisi tersebut, karena memang sejatinya pasien konfirmasi positif dengan gejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis Puskesmas dan pembiayaan dilakukan mandiri.

Yang terjadi adalah masyarakat dengan kompak melakukan swadaya dan bergotong royong memberikan kebutuhan dasar bagi dua pasien tersebut, mereka menjamin kebutuhan pangan pasien aman sampai keduanya dinyatakan pulih.

‘’Terima kasih banyak atas kepedulian masyarakat Mansapa, semoga ini menjadi pelajaran untuk yang lain, kami berharap BPBD segera melakukan desinfeksi di sekitar kediaman pasien,’’ kata Aris.(KU).

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved