Home Kaltara Harapan pada Momentum HUT Ke- 24 Malinau, Bupati Wempi : Wujud Rasa Syukur & Akselerasi Pembangunan Daerah

Harapan pada Momentum HUT Ke- 24 Malinau, Bupati Wempi : Wujud Rasa Syukur & Akselerasi Pembangunan Daerah

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa pada kesempatannya mengajak kepada semua pihak dan masyarakat Malinau untuk menjadikan Peringatan HUT ke-24 Tahun Kabupaten Malinau ini, selain sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan juga sebagai momentum untuk mengintropeksi terhadap apa yang telah diperbuat bagi Bumi Intimung.

Hal tersebut dilalui meski banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi terutama faktor geografis yang sulit, juga pembatasan penganggaran serta sumber daya manusia.

Meskipun demikian dengan keterbatasan ini pemerintah tetap berkomitmen agar pembangunan terus berjalan sebagaimana yang menjadi harapan masyarakat.

“Pemkab Malinau terus berupaya agar pembangunan yang dilaksanakan minimal dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” ucapnya, pada Senin (30/10/2023).

Lebih lanjut, dari upaya dan kerja keras yang telah dilakukan bersama sehingga di usia ke- 24 tahun ini beberapa capaian terus membaik antara lain kondisi perekonomian, pembangunan sumber daya manusia, tata kelola pemerintahan yang terus ditingkatkan serta upaya penumpasan kemiskinan yang memerlukan dukungan semua pihak.

Adapun upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan sektor perekonomian yaitu dengan terus mendorong sektor lapangan usaha pertanian melalui program Beras Daerah (Rasda) Plus.

Sementara untuk penanganan kemiskinan meski tidak terdapat kemiskinan ekstrem tetapi pemerintah terus berupaya agar angka kemiskinan semakin berkurang.

“Adapun upaya yang harus dilakukan dengan mengoptimalisasi program perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat desa dan pembangunan sinergi dengan pemerintah desa dan wirausaha,” ungkapnya.

Demikian juga dengan peningkatan sumber daya manusia, pemerintah terus berupaya meningkatkannya melalui program Wajib Belajar Malinau Maju, Desa Sarjana serta Milenial Mandiri sehingga kualitas pendidikan bisa lebih baik juga mampu menyediakan tenaga kerja yang bisa menjawab kebutuhan tenaga kerja saat ini dan masa depan terutama untuk mempersiapkan generasi emas 2045.

Kemudian untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan membudayakan pelayanan prima, menguatkan sektor pelayanan publik serta upaya pemenuhan fasilitas penunjang.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved