Home Kaltara Pembukaan Perdana Toko Rakyat Malinau, Bupati Wempi : Produk Lokal Harus Jadi Prioritas

Pembukaan Perdana Toko Rakyat Malinau, Bupati Wempi : Produk Lokal Harus Jadi Prioritas

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Aktivitas Perbelanjaan Toko Rakyat Malinau (TRM) secara resmi mulai beroperasi. Hal itu ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa, pada Senin (28/8/2023) Sore, didampingi Wakil Bupati Jakaria dan Ketua DPRD Malinau, Ping Ding.

Toko Rakyat Malinau merupakan salah satu Bagian Unit dari pengelolaan Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Intimung Malinau. Perusda sendiri memiliki 5 unit usaha yaitu Beras Daerah (Rasda), Arguma (Air Kemasan), Furniture Rotan, BBM dan Mini Market atau yang sekarang menjadi Toko Rakyat Malinau.

Toko ini menampung hasil dari UMKM, Pertanian dan Perkebunan masyarakat Malinau, yang di jual dalam bentuk kemasan yang lebih fresh dan menarik. Ditambah dengan adanya Caffe untuk memanjakan pelanggan selama berbelanja.

Dengan dibukanya Toko tersebut, Bupati Malinau, Wempi W Mawa dalam sambutannya menekankan untuk tidak menjual produk dari luar, artinya yang bukan produk Indonesia.

“Termasuk produk yang kita jual harus mendukung produk lokal (Asli Malinau). Produk yang diproduksi oleh masyarakat lokal sehingga dapat menjadi produk daerah,” ujarnya.

Termasuk Caffe, kata dia, harus bisa ditunjukkan bahwa kopi yang diseduh disini adalah produk Asli Malinau agar betul-betul mencerminkan Toko Rakyat Malinau.

Ia menambahkan, terkait visi Toko Rakyat Malinau, maka dalam pengelolaannya harus betul-betul mengakomodir seluruh aspek produk lokal sehingga pertumbuhan ekonominya bisa tumbuh dengan baik.

“Bukan berarti kehadiran Toko Rakyat Malinau ini akan menjadi saingan usaha maupun Caffe yang sudah ada di Malinau. Perumda sama sekali tidak bersaing dengan usaha-usaha lain yang sudah ada, tetapi memberi peluang untuk UMKM menjajakan produk-produk dari Malinau. Baik itu produk kopi, hasil pertanian dan lainnya yang benar-benar berasal dari masyarakat Malinau sendiri” jelasnya.

“Jadi bukan sekedar mencari keuntungan tetapi kita juga membuka potensi dan peluang usaha baru, sehingga ada kemandirian bagi masyarakat Malinau kedepan,” pungkasnya.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved