Home Kaltara Dari Perbatasan, Bupati Wempi Bersama Jajaran Forkopimda Malinau Dengarkan Pidato Kenegaraan

Dari Perbatasan, Bupati Wempi Bersama Jajaran Forkopimda Malinau Dengarkan Pidato Kenegaraan

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa bersama Wakil Bupati Jakaria dan jajaran Forkopimda Malinau serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dari kawasan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, tepatnya di Desa Long Ampung, Kecamatan Kayan Selatan, pada Rabu (16/8/2023).

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di momentum HUT ke-78 Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan Jakarta, mengatakan Indonesia harus menjadi negara yang juga mampu mengolah sumber dayanya. Mampu memberikan nilai tambah dan mensejahterakan rakyatnya, dan ini bisa dilakukan melalui hirilisasi.

Diungkapkan Presiden Joko Wododo, di Indonesia stunting turun, IPM dan IDG naik. Bahkan keberhasilan Republik Indonesia lainnya juga disampaikan Presiden RI itu. Yakni Rp3.212 triliun untuk perlindungan sosial dari tahun 2015 sampai 2023.

“Pemerintah telah berhasil menyiapkan anggaran perlindungan sosial, total Rp3.212 triliun dari tahun 2015 sampai 2023 termasuk didalamnya KIS, KIP, KIP Kuliah, PKH, Kartu Sembako, serta perlindungan kepada lansia, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya,” ulas Presiden Joko Widodo.

Usai mendengarkan Pidato Presiden, Bupati Wempi menyebut apa yang disampaikan Presiden sudah dilakukan di Kabupaten Malinau. Utamanya terkait peningkatan ekonomi dan penurunan angka Stunting. Keduanya memang menjadi perhatian Kabupaten berjuluk Bumi Intimung tersebut.

Kemudian, ia menambahkan dalam pidato Presiden Joko Widodo mengenai kondusivitas menjelang Tahun Politik juga akan menjadi atensi pihaknya bersama jajaran Forkopimda Malinau di daerah.

Dalam rangkaian pidatonya, Presiden Joko Widodo pun mengungkapkan harapannya terkait isu-isu Nasional, di mana kerjasama masyarakat, khususnya di tingkat daerah, menjadi faktor penting dalam menjaga kondisi yang kondusif.

“Tahun Politik kerap kali menjadi periode rawan konflik. Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga stabilitas di wilayah masing-masing,” ujar Bupati Wempi.

Pada kesempatan itu, Bupati Wempi pun akan mendukung dan siap berjibaku dalam upaya “Melaju Menuju Indonesia Emas 2045” yang mana Indonesia telah mempunyai peluang besar meraih Indonesia Emas di Tahun 2045 mendatang dan meraih posisi jadi negara 5 besar kekuatan ekonomi dunia.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved