Survei Re-Akreditasi Puskesmas, Wabup Jakaria Pastikan Dukungan Penuh Pemerintah

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Malinau Jakaria bersama jajaran Pemerintah Daerah Malinau menyambut kedatangan Tim Survei Re-Akreditasi Puskesmas Malinau Seberang.

Sebagai informasi bahwa Akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan Puskesmas setelah dilakukan penilaian oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Oleh karena itu, pada kesempatannya, Wakil Bupati Jakaria menyampaikannya terkait upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan melalui penyelenggaraan akreditasi akan memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas.

“Hal ini juga merupakan upaya untuk memberikan perlindungan dan keselamatan bagi pasien, petugas, pengunjung, masyarakat dan lingkungan,” ucap Wabup Jakaria, Rabu (06/03/2024).

Ia menambahkan, dalam upaya pelaku Re-Akreditasi Puskesmas, kata Jakaria, Pemkab Malinau senantiasa dipastikan memberikan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Adapun upaya yang telah dilakukan meliputi dukungan anggaran, pemenuhan SDM seusai analis jabatan, pengelolaan limbah medis B3, dukungan penuh terhadap program prioritas nasional dan dukungan penuh dalam jaminan kesehatan nasional dengan memberikan dana kapitasi.

“Dimana Kabupaten Malinau merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang sudah UHC,” terangnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga memiliki program inovasi yakni petani sehat. Dimana pada hari tertentu pemerintah bersama dengan petugas puskesmas berkunjung ke sawah para petani untuk memeriksakan kesehatan mereka.

“Jadi terkadang petugas kami yang mencari pasien. Kadang masyarakat kita ini juga malu kalau mau berobat. Tunggu parah baru dibawa ke rumah sakit,” imbuhnya.

Karena itu, akreditasi ini penting untuk Puskesmas dan petugas kesehatan yang ada atas kinerja mereka selama ini. Pemerintah daerah sangat mendukung penuh dan siap membantu apapun yang diperlukan untuk proses akreditasi.

Jakaria berharap Puskesmas Malinau Seberang dapat memperoleh hasil penilaian akreditasi yang paripurna.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved