Home Kaltara Lepas Mahasiswa UBT Usai Laksanakan KKN di Malinau, Sekda Ernes : Bangun Karakter Diri & Berjuang Demi Rakyat

Lepas Mahasiswa UBT Usai Laksanakan KKN di Malinau, Sekda Ernes : Bangun Karakter Diri & Berjuang Demi Rakyat

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau, Wempi W Mawa yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ernes Silvanus secara resmi melepas para Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT) Angkatan XIX Periode 2 Tahun 2023 usai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Malinau selama 40 Hari. Pelepasan ini berlangsung di ruang Tebengang, Kantor Pemda Malinau, pada Selasa (25/7/2023).

Sekda Ernes Silvanus pada pelepasan para mahasiswa UBT tersebut mengatakan, selama 40 hari melaksanakan KKN di Bumi Intimung tentu telah banyak memberikan masukan dan berbagi ilmu kepada masyarakat Malinau khususnya warga desa pada masing-masing tempat pelaksanaan KKN.

“Selama 40 hari mungkin kalian sudah berinteraksi dengan pemerintah desa, kecamatan, tokoh masyarakat, agama, pemuda bahkan mungkin sudah bekerja sama terhadap program pemerintah daerah,” ucapnya dalam sambutan.

Menurutnya, pada saat dibangku sekolah atau kampus, hanya sekian persen yang mungkin bisa didapatkan dalam pembentukan karakter diri.

“Nanti saat adik-adik mahasiswa bekerja seperti kami. Kami tidak di tanya tentang teori-teori di dalam buku tetapi lebih kepada karakter. Bagaimana sikap kita, bagaimana kita membangun karakter pribadi kita. Hal itu bisa dilihat dari kedisiplinan kita,” imbuhnya.

Selepas pelaksanaan KKN ini, Sekda Ernes ingin para mahasiswa dapat membangun karakter diri yang baik.

“Hal itu bisa kita dapatkan di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat kita. Itu yang membentuk kita dan yang terpenting adalah dari diri kita sendiri,” ujarnya.

Selama menjalani masa KKN, kata dia, mungkin telah banyak pengalaman yang didapat selama berada di tengah-tengah masyarakat.

“Di situlah sebenarnya kita dibangun sebagai mahasiswa karena masyarakat melihat bahwa kita dianggap punya kelebihan, kemampuan. Tapi jangan merasa kita yang paling hebat. Jadi belajar dari 40 hari ini,” ungkapnya.

Sekda Ernes kemudian berpesan kepada para mahasiswa untuk terus berjuang demi kepentingan rakyat.

“Suarakan yang perlu memang kita suarakan, sampaikan yang perlu memang kita sampaikan kepada pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Saran saya bangun komunikasi yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, lembaga dan lain sebagainya. Karena akhir dari komunikasi yang baik akan terjalin hubungan yang baik pula,” pungkasnya.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved