Home Kaltara Wabup Jakaria Bagikan Hadiah Lomba Yang Digagas KNTI Malinau Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-78 RI

Wabup Jakaria Bagikan Hadiah Lomba Yang Digagas KNTI Malinau Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-78 RI

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Pembagian hadiah untuk para pemenang lomba yang digagas oleh DPD Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Malinau dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 diwarnai dengan penuh gembira.

Sebelumnya, para peserta yang berasal dari para Kelompok Nelayan yang tergabung di dalam Organisasi KNTI Malinau telah mengikuti rangkaian kegiatan Lomba, diantaranya Lomba Merakit Pukat, Lomba Mancing Terbanyak, Lomba Mancing Terberat dan Lomba Alat Tangkap Tradisional Ramah Lingkungan (Bubu Udang Gala).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPD KNTI Malinau, pada Jum’at (6/10/2023) tersebut juga dirangkai dengan pembagian Sertifikat bagi peserta yang telah mengikuti Bimtek Potensi Usaha Budidaya Udang Galah dan Penyerahan Bantuan bagi Nelayan secara simbolis dari Pemerintah Daerah oleh Wakil Bupati Malinau.

Pada sambutannya, Wakil Bupati Jakaria menyampaikan, dalam momentum perlombaan ini diharapkan para Nelayan harus memiliki komitmen untuk menggunakan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan. Sehingga usaha penangkapan berkelanjutan, sumber daya ikan terjamin kelestariannya, dan kesejahteraan masyarakat nelayan dapat tercapai.

“Perkembangan sejumlah penangkapan ikan dengan berbagai cara yang merusak lingkungan harus menjadi perhatian kita bersama. Penggunaan alat yang tidak baik dapat mengancam kelestarian ikan dan habitat perairan Sungai,” ucapnya.

Ia menambahkan, melalui unsur Forkopimda Malinau, Pemerintah Daerah sudah melakukan rapat koordinasi tentang penyelamatan ekosistem Sungai kedepan.

“Bapak Bupati Malinau dan Kapolres juga telah berkomitmen akan menindak tegas bagi para pelaku penangkapan ikan, apabila menggunakan alat tangkap yang tidak Ramah Lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNTI Malinau, Siti Aminah menyebutkan, bahwa tahun ini merupakan pertama kalinya organisasi KNTI Malinau membagikan hadiah bagi para Nelayan Tradisional yang sudah berpartisipasi mengikuti rangkaian kegiatan lomba yang digagas oleh KNTI Malinau.

“Saya berharap para Nelayan dapat terus menjaga kebersamaan dan kekompakan, untuk Nelayan yang berubah maju dan sejahtera,” imbuhnya.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved