Home Kaltara Kegiatan Coastal Clean Up PT. Mitrabara Adiperdana Tbk Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Bersama KLHK

Kegiatan Coastal Clean Up PT. Mitrabara Adiperdana Tbk Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Bersama KLHK

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – PT Mitrabara Adiperdana Tbk bersama mitra kerja turut ikut serta dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environmental Day) yang dipelopori oleh KLHK di kawasan perusahaan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) yang diperingati pada tanggal 5 Juni 2023 dengan tema Beat Plastic Pollution atau “Kendalikan Sampah Plastik” menjadi kesempatan bagi PT Mitrabara Adiperdana Tbk untuk ikut menyuarakan perlindungan terhadap bumi, pemanfataan sumberdaya alam yang berkelanjutan dan gaya hidup yang ramah lingkungan yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Komitmen PT Mitrabara Adiperdana Tbk bersama Mitra Kerja dituangkan dalam Collective Commitment yang dilaksanakan di upacara seraya pelepasan simbolik burung serindit menyuarakan untuk senantiasa menjaga bumi dengan meminimalisir timbunan sampah plastik dalam setiap aktivitas pekerjaan yang dilakukan.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya untuk memeriahkan HLH Sedunia tahun 2023 diantaranya adalah Coastal Clean Up (CCU). Kegiatan Coastal Clean Up menyuarakan gerakan sungai bersih dilakukan di Sungai Sengayan, Desa Sengayan, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau.

Kegiatan ini mengajak warga desa setempat, pemerintah desa, karyawan PT Mitrabara Adiperdana Tbk, dan mitra kerja untuk membersihkan sungai dengan total partisipan hingga hampir 200 orang dan telah berhasil terkumpul sebanyak 350kg sampah. Coastal Clean Up merupakan gerakan yang bertujuan untuk melestarikan dan melindungi wilayah pesisir dan lautan dengan melibatkan masyarakat dan dunia usaha.

Lebih dari 400 juta ton sampah plastik di produksi setiap tahunnya dan hanya 10% saja yang di daur ulang sedangkan sekitar 19-23 juta ton berakhir di danau, sungai, dan laut. Indonesia bahkan menjadi penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Sehingga kegiatan ini menjadi upaya kolaboratif untuk menghilangkan sampah dan puing-puing dari sungai dan mempromosikan konservasi ekosistem perairan.

Kegiatan lainnya yang dilakukan untuk menyemarakkan HLH Sedunia tahun 2023 ini adalah Back To School di SMP Negeri 1 Malinau Selatan yang merupakan kegiatan persuasif kepada masyarakat khususnya generasi muda malinau untuk turut menjaga lingkungan, dan mengolah sampah menjadi barang bermanfaat.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya pemungutan sampah bersama, seminar pengolahan sampah, perlombaan menghias drum bekas, dan penanaman pohon. Kegiatan pemungutan sampah bersama diikuti secara antusias oleh siswa siswi kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Malinau Selatan dilanjutkan dengan kegiatan seminar pengolahan sampah oleh tim ERT (Ermegency Respond Team) PT Mitrabara Adiperdana Tbk.

Perlombaan menghias drum bekas oleh siswa siswi juga didampingi oleh Bapak Firman Dedy Asli Zai yang merupakan Operation Manager PT Mitrabara Adiperdana Tbk sekaligus penanaman pohon sebagai upaya mengurangi jumlah limpasan air, mengurangi erosi dan polusi di saluran air, dan dapat mengurangi dampak banjir.(*)

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved