Home Kaltara Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Bupati Wempi Serahkan Hewan Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Bupati Wempi Serahkan Hewan Kurban

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM -Perayaan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah bagi umat Muslim di Kabupaten Malinau, Pemerintah Daerah Malinau telah menyiapkan hewan sapi Kurban sebanyak 32 ekor, untuk sejumlah Masjid yang tersebar di Kabupaten Malinau.

Penyerahan hewan kurban itu sendiri dilakukan langsung oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa didampingi Wakil Bupati Jakaria dan Ketua PHBI Malinau, Muhd. Yusuf kepada para Takmir Masjid yang tercatat sebagai penerima hewan Kurban bertempat di Halaman Masjid Agung Darul Jalal, Tj. Belimbing Desa Malinau Hulu, pada Selasa (27/06/2023) pagi tadi.

Dalam sambutannya, Bupati Wempi menyampaikan, pemberian hewan Kurban dari Pemkab Malinau bertujuan untuk memaknai akan perayaan hari raya Idul Adha bagi umat muslim di Kabupaten Malinau.

“Penyerahan hewan Kurban ini, sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan dengan umat Muslim. Semoga bantuan ini membangkitkan rasa toleransi, kebersamaan dengan umat muslim di Kabupaten Malinau ungkap Bupati Wempi.

Ia juga turut mengajak agar masyarakat selalu menjaga dan memelihara toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Malinau.

“Secara pribadi dan mewakili keluarga serta Pemerintah Daerah Malinau, kami mengucapkan selamat menyambut hari raya Idul Adha 1444 H/ 2023 M kepada seluruh umat muslim Kabupaten Malinau. Jadikan momentum ini untuk terus memperkuat silahturahmi, toleransi dan harmonisasi kepada seluruh umat beragama,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI Malinau) Muhd. Yusuf menyampaikan, bahwa penyerahan hewan Kurban dari Pemerintah Daerah ini dalam rangka hari raya Idul Adha 1444 H bagi masyarakat melalui para Pengurus Masjid dan Mushola yang ada di Kabupaten Malinau.

Total ada Rp 660 Juta Rupiah yang bersumber dari APBD Malinau Tahun 2023 yang dialokasikan untuk pengadaan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Pemerintah Daerah melalui Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Malinau telah membagikan 32 ekor kepada para pengurus Masjid. Untuk hewan kurban akan dibagikan ke 4 wilayah kecamatan, yakni di Kecamatan Malinau Kota, Malinau Barat, Malinau Utara dan Mentarang,” jelasnya.

Diketahui, untuk jumlah total hewan Kurban pada perayaan Idul Adha di wilayah Malinau semua berjumlah 34 ekor. Termasuk adanya tambahan satu sumbangan dari Gubernur Kaltara, Zainal Paliwang dan satu pemberian dari Bapak Presiden RI Joko Widodo.

Saat ini, sejumlah hewan Kurban telah diserahkan kepada pengurus masjid secara simbolis oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa.(*)

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved