Home Kaltara Bupati Wempi Hadiri Acara Haul Ke- I & Halal Bihalal Keluarga Besar Panembahan Raja Tuo

Bupati Wempi Hadiri Acara Haul Ke- I & Halal Bihalal Keluarga Besar Panembahan Raja Tuo

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau Wempi W Mawa menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Haul ke- I dan Halal Bihalal Keluarga Besar Panembahan Raja Tuo yang digelar oleh Lembaga Kekerabatan (Penembahan Sebawang-Sri Baginda Maharaja) Kabupaten Malinau.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Agung Darul Jalal, pada Rabu (10/5/2023) pagi tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Jakaria, Sekda Ernes Silvanus, Topan Amrullah (mantan Wakil Bupati Malinau), jajaran Forkopimda Malinau dan salah satu penceramah dari Bangil Jawa Timur, Habib Idrus Bin Muhammad Assegaf.

Diketahui, Haul merupakan peringatan atas kematian seseorang dengan tujuan mendoakan agar semua amal beserta ibadah yang dilakukannya dapat diterima di sisi-Nya, sekaligus mengenang keteladanan semasa hidup dari tokoh yang diperingati tersebut.

Sebagai Kepala Daerah, Bupati Wempi W Mawa pun menyambut baik kegiatan Haul dan Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh Keluarga Besar Panembahan Raja Tuo.

“Haul ini memiliki arti penting bagi kita generasi penerus untuk mengingat kembali perjuangan dari para pendahulu sekaligus upaya menjaga warisan dan sejarahnya,” katanya.

Kegiatan ini, kata Wempi, dapat memberi contoh yang baik bagi masyarakat untuk tidak putus dalam mengenang para leluhur serta merawat kebersamaan secara khusus bagi keluarga besar sehingga mampu mewarisi sifat-sifat terpuji yang dimiliki para leluhur dan suatu saat dapat diwarisi kepada generasi mendatang.

Bupati Wempi berharap kegiatan yang dihadiri langsung secara terbuka oleh masyarakat ini sekaligus menjadi media silaturahmi. “Melalui kegiatan ini membuat masyarakat dapat lebih mengenal para pendahulu dan pemimpinnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Topan Amrullah menyampaikan, bahwa Haul ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Malinau. Sebelumnya acara Haul dilaksanakan di Kepulauan Seribu/Pulau Tidung. Karena disana terdapat makam Raja Pandita salah satu anak dari Panembahan Raja Tuo.

Adapun agenda dalam acara ini, kata Topan, diantaranya setelah pembukaan oleh Bupati Malinau, dilanjutkan pelaksanaan Haul dan Halal Bihalal serta mendengarkan bersama Tausyiah oleh Penceramah Habib Idrus Bin Muhammad Assegaf.

Kemudian setelah shalat Zhuhur akan dilanjutkan dengan ziarah ke makam para leluhur.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya baik berupa dana, tenaga maupun pikirannya sehingga acara ini dapat terlaksana,” pungkasnya.

Reporter : Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved