Petani Ulat Sutera Pemakan Daun Singkong Karet di Malinau Berhasil Panen “Kokon”

Hasil Panen “Kokon” Keltan Maranata Kuala Lapang

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Petani budidaya ulat sutera pemakan daun singkong karet di Desa Kuala Lapang Kabupaten Malinau Kalimantan Utara berhasil panen “kokon”.

Ujicoba budidaya ulat sutra oleh organisasi lembaga yang bergerak di bidang Budidaya dan Pengolahan Serat Alam “Jantra Mas Sejahtera” (JAMTRA) bersama Kelompok Tani (Keltan) Maranata di Desa Kuala Lapang, Rabu (5/9) telah berhasil panen kokon.

“Panen Kokon ulat sutera ini berhasil atas budidaya yang di lakukan Kelompok Tani Maranata Malinau bekerja sama dengan kami,” kata tenaga ahli pembudidaya ulat sutra “Jamtra” Yunianto Hargo Nugroho, S.Hut.

Lanjut kata dia Anto, kokon ini merupakan kepompong ulat sutera yang telah kita panen setelah dilakukan pengguntingan dan mengeluarkan larva nya.

Keberhasilan panen Ini merupakan target kami imbuhnya, hanya saja kita berharap agar apa yang telah dilakukan Keltan Maranata dapat berkelanjutan dan juga selanjutnya harapan saya semoga pemerintah dapat melirik petani ulat sutera ini, sehingga ke depan apa yang menjadi target dapat tercapai.

Dengan begitu, apa yang menjadi tugas saya pada ujicoba ini telah selesai, dan saya akan kembali ke Jogyakarta, selanjutnya saya tetap akan berkomunikasi dengan petani binaan saya tersebut, imbuhnya mengakhiri. (ezi/sk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE