Kecamatan Malinau Utara Laksanakan Kegiatan Penguatan Kelembagaan Desa

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dalam rangka mensukseskan 6 target kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau pada tahun 2019, Kecamatan Malinau Utara melaksanakan kegiatan penguatan kelembagaan di desa. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kaliamok ini (26/3) merupakan desa ke-5 yang telah dilaksanakan pertemuan oleh Kecamatan terkait penguatan kelembagaan.

Camat Malinau Utara, Jakaria, SE.,M. Si , menerangkan bahwa hal ini merupakan instruksi langsung Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si secara lisan kepada para Camat agar memperkuat kelembagaan-kelembagaan yang ada di desa, mengingat bahwa masa penyelesaian Visi dan Misi Bupati Malinau melalui program Gerdema hanya tinggal beberapa waktu lagi, tepatnya di tahun 2020 yang merupakan ujung masa program Gerdema.

Disampaikan juga bahwa harapan Bupati Malinau di penghujung masa program Gerdema yaitu kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan maksimal, itulah sebabnya kenapa Kecamatan Malinau Utara melaksanakan penguatan kelembagaan, agar capaian program Gerdema akan dapar maksimal pada tahun 2020, sehingga diharapkan kelembagaan yang ada di desa dapat kuat dan mandiri menghadapi tantangan-tantangan kedepan.

“Apabila lembaga-lembaga di desa sudah cukup kuat sesuai dengan tupoksinya berdasarkan ketentuan yang berlaku, maka apapun program Pemerintah Daerah yang selanjutanya dapat dilaksanakan oleh desa dengan baik, ” terang Jakaria.

Untuk Kecamatan Malinau Utara, yang terdiri dari 12 Desa ini, Camat Malinau Utara optimis bahwa target tersebut dapat tercapai, karena hal ini telah berjalan di Kecamatan Malinau Utara, yaitu dengan meninjau langsung ke desa-desa. Dari hasil tinjauan tersebut lembaga-lembaga di desa sudah dapat berjalan dengan baik, namun maaih perlu adanya penegasan-penegasan untuk optimalisasi terkait capain kinerja.

Yang menjadi target Kecamatan Malinau Utara adalah bahwa capaian ekonomi kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana secara maksimal, “capaian kinerja untuk program Gerdema kedepan saya optimis pada tahun 2020 di Kecamatan Malinau Utara ini dapat sesuai target, ” tegas Camat Malinau Utara tersebut.

Selanjutnya setelah ini, Kecamatan Malinau Utara juga telah mempunyai jadual dalam setahun ini untuk melakanakan pendampingan sesuai tupoksi yang ada pada struktur Kecamatan, selain itu juga akan diberikan bimbingan dan tugas-tugas khusus kepada para Satgas Gerdema di Kecamatan Malinau Utara, ” jadi kedepan ini, untuk tindak lanjutnya, masing-masing seksi dan bagian telah menjadualkan untuk pendampingan ke desa-desa, ” tutupnya. (stf/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE