TNI dan TDM Melaksanakan Patroli Patok Batas Negara di Wilayah Timur Krayan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Satuan Tugas Penjaga Perbatasan RI – Malaysia yonif Raider 600/Modang bersama Tentara Diraja Malaysia (TDM) melakukan patroli patok perbatasan di wilayah timur kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Selasa 26 November 2019.

Patroli terkoordinasi jilid II ini merupakan sinergitas antar prajurit pengamanan perbatasan kedua negara, sehingga kebersamaan, persatuan dan kekompakan harus terus dibina.
“Sebanyak 25 personel TNI dan TDM melakukan patroli untuk menyusuri satu demi satu patok perbatasan, demi menjaga keutuhan dan kedaulatan perbatasan negara.”ujar Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf. Ronald Wahyudi, S.E.,M.TR (HAN), Rabu (27/11/2019).
Kegiatan patroli ini diawali dengan upacara yang dibuka langsung oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia 600/MDG Letkol Infanteri Ronald Wahyudi, S.E.,M.TR (HAN) dan Wakil panglima Briged ke 9 Malaysia Letnan Kolenel Moh. Aktif Bin, serta aparatur pemerintahan setempat yang berada di wilayah kecamatan Krayan.
Pasukan kedua negara serumpun ini diberangkatkan dengan iringan pelajar setempat serta masyarakat adat.
Ada sekitar 371 patok perbatasan di wilayah Krayan, area keberadaan patok batas negara inipun terbilang cukup menantang, perjalanan yang ditempuh dalam operasi itu, mencapai kurang lebih 80 kilometer pulang pergi, dengan ketinggian medan antara 1.200-1.997 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 7-13 derajat celcius pada malam hari, dan 18-23 derajat celcius pada siang hari.
“Semoga kedepannya kegiatan yang melibatkan kedua negara ini dapat berlanjut dan terus terjaga dalam melaksanakan tugas.”kata Ronald. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NONE