Banjir, BPD Kaliamok Minta Normalisasi Perlebaran Kanal Kaliamok

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Akibat hujan semalam yang membanjiri Desa Kaliamok, Kabupaten Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Rabu (24/1), Badan Konsultasi Desa Kaliamok meminta pemerintah untuk melakukan normalisasi perluasan kanal Kaliamok.

diketahui penyebab banjir dikarenakan meluapnya sungai semeladung di desa kaliamok, ditambah lagi bersamaan dengan pasang air laut.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Steven Y, Lufung ke SWARAKALTARA.COM menjelaskan, penyebab banjir itu karena hujan semalaman, sehingga air dari gunung turun ditambah lagi bersamaan dengan pasang air laut.

“Untuk di desa kaliamok sendiri, kami dari BPD sudah melakukan peninjauan untuk mencari penyebab serta solusinya.

Dan kami pikir saluran kanal atau sungai di desa Kaliamok tidak mampu menampung debit air dan curah hujan yang tinggi, sehingga pada saat hujan akan meluap, katanya.

“ini karena kanal kaliamok juga kondisinya sudah buntu dipenuni rumput, dan sudah tidak berbentuk sungai lagi,  “ini menyebabkan lambatnya pembuangan air dari kanal yang ada, yang mana kanalnya juga kami nilai masih terlalu kecil dan sempit.

Kami juga sudah sepakat untuk solusi yang kami tawarkan,  dan hal ini juga sudah kami sampaikan kepada pemerintah desa agar di tambahkan pembuatan kanal dan gorong – gorong supaya bisa mengimbangi debit air sungai semeladung yang tinggi jika musim hujan terjadi, pungkas Steven. (EZI/SK).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top