Dandim 0910 Malinau Tegaskan Siaga Banjir di Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dandim 0910 Malinau Letkol Inf Yudha Sandi Purwana tegaskan ke seluruh personelnya, agar siap siaga membantu mengatasi kesulitan warga di tengah cuaca ekstrem yang mengakibatkan banjir beberapa kecamatan di kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

Dandim 0910 Malinau Letkol Inf Yudha Sandi Purwana melalui Press Realeas nya Jumat (26/1) kepa da SWARAKALTARA.COM mengatakan, saya sudah menghimbau kepada semua unsur jajaran Kodim Malinau, satuan Koramil agar para Babinsa harus lebih tanggap dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Malinau.

“Mengingat Kalimantan Utara, yang merupakan provinsi termuda di Indonesia beberapa waktu belakangan ini sering hujan. Oleh karena itu saya menghimbau jajaran Kodim dan Koramil wajib ikut andil dalam penanganan banjir, seperti membantu evakuasi warga korban banjir, serta  mendirikan posko untuk mengantisipasi bencana banjir yang kerap melanda Kaltara, khususnya Kabupaten Malinau akhir-akhir ini.

“di tengah cuaca yang ekstrem ini, para babinsa harus selalu mengecek desa binaanya serta selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malinau.

Mengingat situasi sekarang sedang musim penghujan di hulu sungai Malinau. jika hujan lebat di hulu sungai Malinau maka air sungai akan meluap masuk ke dataran Malinau jika terjadi luapan volume air.

Kami selalu siagakan personel termasuk kelengkapan penanggulangan banjir, karena di Malinau ada beberapa wilayah titik rawan banjir, diantaranya kecamatan Malinau Kota, kecamatan Malinau Utara,  Malinau Barat,” imbuhnya.

Oleh karena itu ia meminta seluruh personel mulai dari jajaran Makodim hingga Koramil mendirikan posko di masing-masing wilayah ketika memang merasa perlu ada evakuasi dan berkordinasi dengan BPBD kabupaten Malinau.

“Banjir bisa datang kapan saja dan dimana saja tidak bisa diprediksi, termasuk di wilayah Malinau, jadi kita harus selalu siap untuk digerakkan kapanpun dibutuhkan,” tegas Yudha Sandi Purwana. (EZI/SK).

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top