Tambahan Alutsista Sea Rider Untuk Lanal Nunukan Menjawab Tantangan Perbatasan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Pangkalan TNI AL Nunukan Kalimantan Utara mendapatkan tambahan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) berupa Sea Rider.

Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo, S.E., Mtr.Hanla mengatakan, Sea Rider yang diterima Lanal Nunukan merupakan karya anak bangsa buatan PT. Lundin Industry Invest yang berdomisili di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Penyerahan Sea Rider dilaksanakan langsung oleh Pjs. Pasops Lanal Nunukan Lettu Laut (P) Nanang Setyo Budi di Pelabuhan Umum Tunon Taka Selasa hari ini (23 Maret 2020) dan langsung diadakan pengujian laik jalan menuju ke Mako Lanal Nunukan.”ujarnya.

Sea Rider Lanal Nunukan dilengkapi dengan 2 mesin gantung merk Yamaha 300 PK dan mampu menempuh kecepatan maksimal 60 knot diatas permukaan laut.

Selain itu kapal pemburu inipun dilengkapi dengan alat navigasi yg cukup canggih mulai dari pemasangan radar, automatic identification system/AIS, sampai dengan Thermal Camera (kamera pendeteksi temperatur).

“Sea Rider kita bisa mendeteksi musuh walaupun minim penerangan atau dalam kegelapan, selain itu Sea Rider kita juga mampu melaju melebihi kecepatan speedboat yang ada di wilayah perbatasan, sehingga diharapkan Lanal Nunukan mampu menjaga wilayah kedaulatan teritorial laut Indonesia bagian Utara Kalimantan dan sekaligus dapat menjawab segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang semakin kompleks”.Imbuhnya.

Kedepannya kapal ini juga akan dilengkapi dengan senjata kaliber 7,65 MM yang dipasang di haluan Sea Rider. (KU).

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top