Upaya Polres Nunukan Cegah Penyebaran Virus Corona

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Kepolisian Resort Nunukan Kalimantan Utara berinisiatif untuk menyediakan alat pencuci tangan/wastafel sebagai salah satu pencegahan terhadap merebaknya Corona Virus Disease (Covid-19).

Ada 2 jenis wastafel yang saat ini sudah mulai dioperasikan yaitu westafel mobile dan westafel statis.

“Wastafel mobile menggunakan mobil patroli sekaligus berpatroli untuk imbauan kepada masyarakat di pelabuhan, tempat ibadah, pasar dan sebagainya, untuk wastafel statis dipasang di ruang ruang publik, sementara di alun-alun yang Ramai.”ujar Kapolres Nunukan AKBP.Teguh Triwantoro, SIK.MH, Minggu (22/03/2020).

Polres Nunukan intens melaksanakan imbauan kepada masyarakat dengan kerjasama TNI (Babinkamtibmas dan Babinsa) tentang cara agar tak terjangkit virus corona.

Polres juga membuat dan memasang maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona berupa spanduk atau baliho yang tulisannya mudah dibaca, maklumat dipasang di tempat-tempat strategis di sejumlah wilayah.

“Kita juga lakukan penyemprotan disinfektan di semua tempat.”imbuh Teguh.

Kegiatan pencegahan dan edukasi juga antisipasi sebaran wabah corona, juga dilakukan di Polres, Polsek dan sejumlah pos Polisi, berupa imbauan untuk dipedomani, masing-masing:

• Penjagaan, disiapkan thermal scanner untuk cek suhu tubuh anggota dan masyarakat yang masuk mako Polres Nunukan.

• Kegiatan apel dan termasuk dalam bekerja agar melaksanakan social distancing (pembatasan sosial) 2-3 meter.

• Aktif melaksanakan senam 3S dan edukasi cuci tangan yang benar serta pemberian extra fooding termasuk vitamin C dosis tinggi.

• Setiap Hari dilaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan (ruang kerja, kamar mandi, tahanan) dan ruang pelayanan. Termasuk tempat sampah.

• Masing-masing Bagian/Satuan/Seksie/Polsek agar membuat jadwal setiap hari piket untuk penyemprotan disinfektan mulai pukul 07.30 WITA dan semua siap sedia alat semprot dan cairan disinfektan baik asli/buatan.

• Laksanakan pembersihan korve lingkungan setelah apel pagi dan setelah apel siang bebas agar ruangan bebas dari debu, sampah dan virus. Dianjurkan menggunakan kain lap dan cairan pembersih Lantai.

“Pada Pukul 09.30 sampai pukul 10.00 WITA agar anggota secara bergantian termasuk pelayanan. Wajib jemur diri di panas matahari + 15 menit, lokasi jemur diri di jalan depan Mako atau samping kanan kiri.”lanjutnya.

• Siapkan dan wajibkan hand sanitizer di semua ruangan.

• Perbanyak cuci tangan dengan air sabun cuci tangan, pastikan air profil persediaan di Mako Polres tersedia.

“Cek dengan membagi tugas kepada seluruh personel, ini wajib dilaksanakan setiap hari sampai dengan wabah corona musnah dari bumi.”kata Teguh. (KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top