Situasi Corona, Yansen TP : Jaga Ketahanan Pangan dan Perekonomian Masyarakat Malinau

Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si melalui himbauan yang disampaikan lewat Rekaman Audio yang diterima SWARAKALTARA.COM, Selasa (14/4/2020).

Himbauan ditujukan kepada para pimpinan organisasi perangkat daerah para (OPD), Camat, Kepala Desa, Ketua RT dan Kelompok kelompok usaha masyarakat malinau.

Berkenaan dengan situasi Covid 19 yang masih kita hadapi dan membawa kecenderungan berdampak kepada sektor sektor riil lainnya, sektor ekonomi yang berkolaborasi kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Oleh karenanya, Yansen TP berharap, walaupun kita menghadapi situasi corona ini dan berdampak kepada sektor sektor riil di tengah tengah masyarakat malinau, kita maksimalkan upaya, tetap menjaga kestabilan kamtibmas malinau dengan tetap mendorong terus bertumbuhnya yang masih kita bisa pertahankan, termasuk sektor sektor yang masih bisa kita pertahankan, seperti sektor pertanian, sektor perdagangan, sektor home industry yang menyediakan kebutuhan riil masyarakat.

Berkenaan dengan tiga hal utama ini, kita tetap melaksanakan kegiatan kegiatan sektor pertanian masa tanam untuk semua komoditas, terutama yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti padi, umbi umbian, pisang dan sayur sayuran termasuk juga peternakan perikanan tetap kita hidupkan dengan upaya yang semaksimalnya bisa kita lakukan,

Ini agar kebutuhan pangan masyarakat masih tetap terjaga dengan baik tetap berlanjut dengan baik walaupun dampak corona sekiranya masih kita hadapi dalam jangka waktu yang tidak menentu ke depan, tapi ketersediaan pangan kita konsumsi masyarakat masih tetap tersedia di kabupaten malinau.

Sektor Perdagangan, saya harapkan agar kita mengembangan pola pengembangan pasar yang tidak berdampak kepada merebak dan menyebarnya virus corona, contoh dengan pola penjualan online untuk sementara waktu ini, agar ekonomi sektor perdagangan kita masih tetap berjalan dengan baik. Demikian juga produk-produk rumah tangga yang sifatnya menyediakan kebutuhan misalnya makanan makanan kuliner yang masih disediakan rumah tangga, tetapi tetap menjunjung tinggi kualitas kesehatan dan halal nya agar bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakat malinau.

Yansen TP juga manyampaikan, dalam waktu dekat saudara-saudara kita umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa, saya harapkan jangan sampai da hal-hal yang mengganggu, marilah kita berjuang bersama-sama tetap menjaga eksistensi situasional sosial kemasyarakatan malinau yang tetap damai, aman dan nyaman, dengan mengembangkan toleransi yang tinggi agar saudara-saudara kita umat muslim bisa beribadah dengan baik dengan khusuk dan mendatangkan berkah bagi kita semua masyarakat malinau.

Mari kita sama-sama membangun sikap toleransi kesatuan hati, pikiran dan tindakan kita, walaupun dalam situasi corona ini ada kekuatiran, kebimbangan dan ketakutan, tapi saya harapkan kita tetap bergairah bersemangat membangun gairah kerja disituasi darurat corona ini.

Jangan karena Corona lalu kita semua lock down aktifitas kita, justru harapan saya jikala kita semua saat ini sedang dilanda oleh situasi kekuatiran dan bimbang untuk berkomunikasi secara terbuka, marilah kita kehabitat kita masing-masing, petani bertani lah, peternak beternak lah, perikanan kembangkan lah perikanan nya, semuanya untuk menumbuh kembangkan ekonomi rakyat Malinau.
Saya berharap pemerintah akan berusaha menyediakan pasokan dana kemasyarakat dengan tetap mendistribusikan dana RT. Agar dana masih tersebar dimasyarakat dan harapan saya, dana desa bisa juga kita arahkan untuk sektor-sektor padat karya sehingga dana bisa tersebar di masyarakat.
Tetap tingkatkan semangat untuk melaksanakan tiga program unggulan, RT Bersih, Wajib Belajar dan Beras Daerah, jangan karena corona semua nya dihentikan tapi justru karena corona Program RT bersih kita tingkatkan. Karena jawaban setelah ini terhadap ancaman segala macam berkaitan dengan kesehatan masyarakat adalah bagaimana pola hidup kita Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis, dan bagaimana sektor pertanian kita tetap bertumbuh agar ekonomi kita tetap stabil dan berdaya tahan yang kita harapkan.
Wajib belajar tetap dijalankan dan jangan sampai justru anak-anak kita mengabaikan peluang dirumah untuk bermain, tetapi gunakan waktu dirumah bersama orang tua belajar dan mengenali dunia budaya dan kearifan lokal yang kita miliki masing-masing.
“Ini harapan saya, tolong dibaca diikuti rekaman saya, agar menjadi panduan untuk kita semua menjalankan aktivitas kita”.
Tetap semangat, tetap berkerjasama, tetap yakin dan percaya bahwa setiap orang memberi yang terbaik, dan bersama-sama kita hadapi situasi corona ini bangkit kembali, gairahkan pembangunan Malinau tetap aman nyaman dan damai demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Malinau. Salam hangat dari saya, salam harmonis untuk kita semua. (ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top