Gugus Tugas Nunukan Kembali Kirim 27 Sample Swab ke Balitbangkes Jakarta

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim medis dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan Kalimantan Utara kembali mengambil 27 sample swab pasien corona untuk identifikasi medis dan pengobatan.

Juru Bicara gugus tugas Nunukan Aris Suyono menjelaskan, 27 sample yang akan dikirim ke Tarakan untuk selanjutnya dikirimkan ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Jakarta,

‘’Terdiri dari 21 sample untuk follow up atau monitoring dan 6 sample untuk diagnose.’’ujarnya, Sabtu (30/05/2020).

Terkait sample swab, sejauh ini tim medis sudah mengirimkan sample swab sebanyak 12 kali dengan rincian 2 kali ke Balai Besar Penelitian dan pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta, sebanyak 2 kali ke Balitbangkes Surabaya dan sebanyak 1 kali ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta, serta ke RSUD Tarakan sebanyak 2 kali.

Beli disini di blibli.com : Prosehat Pemeriksaan Rapid Test COVID-19

 

‘’Kita menunggu 20 sample dari RSUD Tarakan,’’kata Aris sebagaimana dijelaskan Rabu (27/05/2020).

Aris merincikan sampai dengan 27 Mei 2020, sebanyak 12 pengiriman dilakukan untuk sekitar 182 sample terdiri dari 93 sample diagnose dengan hasil 43 sample dinyatakan positif, dan 43 sample dinyatakan negatif, sementara masih ada 7 sample yang belum diterima untuk sample diagnose ini.

Adapun untuk 89 sample follow up untuk monitoring kesehatan, sebanyak 55 sample dinyatakan positif, dan 21 sample dinyatakan negatif, dan masih ada sebanyak 13 sample yang masih ditunggu hasilnya hingga hari ini.

‘Jadi dua puluh sample itu terdiri dari 7 untuk diagnose dan 13 untuk follow up. Sample ini belum diterima karena terjadi kekosongan alat di RSUD Tarakan dan dalam proses menunggu kiriman dari Kementrian Kesehatan.’’kata Aris.

Perkembangan kasus covid-19 Nunukan per 30 Mei 2020, tercatat 43 kasus konfirmasi covid-19 dengan 21 kasus kesembuhan, sebanyak 22 pasien masih dalam perawatan medis dengan rincian 8 pasien masih menempati bangsal isolasi RSUD Nunukan, masing masing sebanyak 8 pasien dari kluster Gowa, 2 pasien kluster Langap, 2 pasien kluster Temboro Magetan dan 1 pasien kluster Sukabumi.

Ada 10 pasien menempati ruang khusus karantina pemulihan Puskesmas Binusan, yang semuanya dari kluster jamaah tabligh Gowa, sebanyak 4 pasien menjalani isolasi mandiri, ada 2 pasien di desa Mansapa Nunukan Selatan, 1 pasien di Porsas Nunukan Timur dan 1 pasien berada dalam perawatan RSUD Malinau. Gugus tugas Covid-19  Nunukan mencatatkan ada 35 ODP, 393 OTG dan 6 PDP.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top