Bupati Malinau Yansen TP Pimpin Apel Gabungan

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau menggelar Apel Gabungan Jajaran Pemerintah Daerah perdana setelah melaksanakan kegiatan kerja dari rumah. Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menjadi pembina dalam Apel Gabungan tersebut, Apel berlangsung di Halaman Kantor Bupati Malinau yang dihadiri seluruh pejabat eselon 4,3 dan 2, Selasa (2/6/2020).

Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengatakan, ini merupakan sejarah. Karena situasional yang kita hadapi lebih kurang 3 bulan setelah Pemerintah melaksanakan penanganan Corona dengan batasan-batasan tertentu khusus untuk ASN bekerja dari rumah, kita mengalami suasana dan situasi ini.

Pagi hari ini saya ingin menyampaikan penegasan-penegasan yang berkaitan dengan upaya sikap tindak kita untuk bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, tugas pembangunan, tugas pelayanan dan aktifitas sosial, aktivitas ekonomi dan pelayanan masyarakat secara menyeluruh.

Hari ini kita diperhadapkan dengan situasi dimana kita berada dibawah kendali ketakutan kekawatiran dan sesuatu yang membuat kita membatasi gerak. Tapi hari ini kita mengambil sikap untuk bagaimana kita melangkah dengan pasti kedepan dengan tetap menghadapi tantangan apa yang disebut Covid-19 .

Yansen TP menegaskan bahwa covid 19 termasuk virus-virus terdahulu masih ada, mungkin saja hari ini atau kedepan, semuanya masih tetap ada. Disinilah kita buktikan bahwa dalam jangka lebih kurang 3 bulan terakhir ini prilaku kita telah diubah, supaya kita bisa menjalani hari-hari walaupun dalam tekanan-tekanan mental batin dan terutama berkaitan ekonomi.

Mengamati ini, pemerintah telah mencanangkan pelaksanaan (The New Normal) Normal Baru atau tatanan hidup baru. Tatanan hidup baru artinya sesuatu yang terwujud karena kita mengahadapi situasi corona sekian waktu ini dan idealnya kedepan kita akan ciptakan kembali kehidupan normal yang setara mampu menghadapi corona itu sendiri, “arti kata kita enjoi berjalan kedepan walaupun corona itu ada”, ucapnya.

Mulai hari ini kita akan mensosialisasikan dimulai dengan menyusunkan SOP yang berkaitan dengan tatanan kehidupan baik di Toko, Pasar, Rumah Sakit, Bank, Rumah Ibadah harus diatur dulu, karena ini harus dipahami. Ini Penting saya sampaikan The New Normal adalah kehidupan normal kedepan setelah kita menghadapi situasi corona ini, setelah kita yakini kita mampu melawan corona, setelah kita yakin bisa menyembuhkan orang sakit jika terkena corona.

Sehingga buang jauh-jauh pikiran takut, buang jauh-jauh prilaku takut dalam sikap hidup kita, mari kita mulai menata kembali kehidupan kita suka tidak suka.

Yang jelas corona adalah ancaman, tapi corona bukan berarti sumber ketakutan bagi kita, justru sumber corona itu ada pada diri kita.

Kenapa dimulai dengan apel, karena intinya pemerintah itu mengatur, pemerintah itu mengayomi masyarakat. Karena kita pejabat kitalah bagian-bagian dalam menggerakan sendi-sendi penyelenggaraan pemerintahaan itu disetiap unit kerja kita.

Saya berharap kita betu-betul siap bekerja membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat, sehingga mereka mampu menghadapi situasi hidup diera corona yang masih tetap menyerang kita. ASN adalah bagian kekuatan dalam mewujudkan penyelengagaraan tatanan hidup baru Kabupaten Malinau. Jangan justru kelemahan dan segala hal yang menyebabkan ketidak berhasilan penyelenggaraan hidup baru itu datang dari kita, sebaliknya harus datang dari kita hal-hal yang menjadi pengungkit semangat masyarakat. Budayakan sikap untuk menyadarkan masyarakat melalui tingkatan prilaku kita mulai dari cuci tangan jaga jarak, semua harus diatur sesuai dengan tatanan etika moral dan tatacara menghadapi corona.

Sesuai dengan anjuran new normal ini, kita mengembalikan kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi masyarakat dan kita mengembalikan pelayan kita kepada masyarakat pemerintah bangsa dan negara kita, tetapi dengan catatan ada aturannya, ada tatanannya ada nilai-nilai yang harus kita miliki kita kuasai dan kita jalankan.(ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top