Satgas Pamtas RI – Malaysia Bantu Sediakan Listrik dan Internet Untuk UAS Pelajar SMP di Perbatasan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Satuan Tugas Pengaman RI – Malaysia Batalyon Infanteri 623/Bhakti Wira Utama menjadi fasilitator dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak perbatasan.

Prajurit tempur ini terus berinovasi bagaimana membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 khususnya untuk kelangsungan generasi bangsa, seperti halnya mengulurkan tenaga, dalam penyediaan tenaga listrik dan jaringan internet demi kelancaran ujian bagi anak di wilayah Terluar Tertinggal dan Terisolir (3T), di wilayah kecamatan Lumbis Ogong dan Lumbis Pensiangan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia yonif 623/BWU Letkol Inf. Yordania mengatakan, Untuk menghadapi ujian kenaikan kelas beberapa siswa SMPN 1 Lumbis (Mansalong) dan SMPN 3 Lumbis Ogong yang tinggal di desa Panas Kecamatan Lumbis Pansiangan mengalami kesulitan jaringan listrik dan jaringan internet karena ujiannya dilaksanakan secara online dan tidak bisa dilakukan di sekolah karena efek pandemi Covid-19.

‘’Masyarakat datang ke Pos Sumantipal meminta bantuan itu, Danpos Sumantipal lalu menunjuk Pratu Sidik membantu pelaksanaan ujian online sebagai pengawas dan memerintahkan anggota pos mempersiapkan jaringan listrik dan jaringan internet di pos Sumantipal dalam rangka ujian online anak-anak di perbatasan ini,’’ujarnya, Sabtu (06/06/2020).

Ditiadakannya UAS dan ujian kenaikan kelas sebagaimana aturan Kemendikbud, diganti dengan menggunakan sistem daring atau e-learning yang menggunakan sistem online. Dengan demikian tidak diperlukan tatap muka atau berkumpul disuatu tempat untuk pelaksanaan ujian.

Namun kebijakan ini menjadi kendala utama bagi anak anak pelajar yang berada di ujung negeri dengan segala keterbatasan dan nihilnya jaringan listrik ataupun internet, beruntung Satgas Pamtas memberi harapan bagi mereka, Satgas Pamtas dengan suka rela membantu kebutuhan listrik dan internet agar anak-anak tersebut bisa ikut ujian sekolah.

Ada 5 pelajar SMP yang mengikuti ujian kenaikan kelas, masing masing, Tamano (15) Siswa SMPN 3 Lumbis Ogong, Blora (15) SMPN 1 Lumbis, Sahara (17) SMPN 1 Lumbis dan Luna (16) SMPN 1 Lumbis.

“Ujian kenaikan kelas ini dilakukan di pos Sumantipal, sebagai wujud bantuan kami membantu kesulitan warga masyarakat perbatasan yang membutuhkan bantuan, ujian dilakukan selama sepekan mulai 4 Juni hingga 10 Juni 2020,’’Katanya.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top