Kapolres Malinau Pimpin Apel Gabungan, Pengamanan Ibadah Malam Natal 2020

MALINAU, SWARAKALTARA.COM–Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha memimpin apel gabungan pengamanan ibadah malam Natal di Kabupaten Malinau, Kamis (24/12).

Kegiatan apel berlangsung di pos pengamanan Operasi Lilin Kayan, Taman Jajok, Malinau Seberang. Personel gabungan ini terdiri dari satuan Polres Malinau, Kodim 0910/Malinau, Brimob, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan organisasi Senkom (Sentra Komunikasi) Malinau.

AKBP Agus Nugraha mengatakan, apel tersebur  digelar dalam rangka pengamanan masyarakat Malinau  yang akan melaksanakan ibadah natal baik malam ini maupun besok.

“Nanti personel akan di bagi di beberapa gereja untuk lakukan pengamanan,” ujar Kapolres.

Personel pengamanan di setiap gereja  terdiri dari beberapa anggota Polri, TNI, Satpol PP dan lainnya. Tersebar di Malinau khususnya di wilayah perkotaan, wilayah barat, wilayah utara dan wilayah yang masih terjangkau oleh pengamanan.

AKBP Agus Nugraha menyebutkan, bahwa pengamanan ibadah Natal tahun ini berbeda karna selain ada ancaman yang bersifat konvensional seperti terorisme atau yang lainnya, juga  yang diantisipasi tahun ini yaitu terkait protokol kesehatan Covid-19.

“Selain memberikan keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat yang melaksanakan ibadah, para personel juga harus pastikan protokol kesehatan tetap di jalankan oleh masing-masing jemaat yang beribadah,” tegas Kapolres.

Agus Nugraha juga menekankan kepada personel yang melakukan pengamanan harus berkoordinasi dengan pengurus gereja dan pastikan protokol kesehatan harus siap.

“Untuk protokol kesehatan itu harus sudah siap, seperti tempat cuci tangan, keamanan termasuk pengaturan tempat duduk didalam gereja. Itu protapnya,” jelas Kapolres.

Di dalam pelaksanaannya, Kapolres Malinau juga memberikan arahan untuk personel yang beragama Nasrani agar melakukan pengamanan di Gereja yang biasa personel itu tempati untuk ibadah.

Langkah ini di ambil oleh Kapolres Malinau untuk memberikan kebebasan agar personel yang beragama Nasrani tetap bisa melakukan ibadah natal dan tidak meninggalkan tugas pengamanan.

“Ini diambil agar tidak ada personel yang meninggalkan tugas pengamanan dan dapat melaksanakan ibadah,” tuturnya.

Selain pengamanan, personel gabungan juga melakukan sterilisasi di Gereja-gereja untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Malinau juga berpesan kepada para personel untuk laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan semangat serta tetap jaga kesehatan selama menjalankan tugas pengamanan.(ag)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top