Curah Hujan Tinggi, BPBD Malinau Ingatkan Warga Waspadai Bencana Alam Banjir

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malinau mengingatkan masyarakat agar mewaspadai bencana alam terutama banjir yang belakangan melanda banyak daerah. Terutama masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai.

Dengan curah hujan yang cukup tinggi  beberapa hari sebelumnya, di khawatirkan akan terjadinya banjir di sekitar wilayah tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Malinau, Ibau Jalung mengatakan, ketinggian air di Sungai Sesayap saat ini masih dalam kategori aman dan belum berpotensi banjir.

“Untuk banjr di Malinau itu biasanya di sebabkan luapan air sungai pasang dan curah hujan yang tinggi,” ujar nya Kepada Swarakaltara.com, Selasa (19/1).

Sebagian daerah yang dataran nya rendah, kata Ibau Jalung, banjir di musim hujan memang sering terjadi, dan ini harus mendapat perhatian khusus masyarakat secara umum.

Ibau Jalung menyebutkan, untuk langkah pencegahan, BPBD Malinau selalu berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa di Malinau sebagai langkah kesiapsiagaan masyarakat menghadapi banjir.

Malinau  belum memiliki Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) daerah, sehingga BPBD Malinau masih memperoleh informasi prakiraan cuaca dari BMKG Kota Tarakan untuk memantau curah hujan yang tinggi dan memetakan potensi banjir.

“Kita juga sering berkoordinasi dengan BMKG Kota Tarakan untuk mendapatkan informasi prakiraan cuaca dan itu kita gunakan untuk mengantisipasi banjir di Malinau,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

Penyunting : Yunu WH

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top