Front Rakyat Batui Demo PT Sawindo Cemerlang

11 Tahun Menderita, Petani Plasma Tuntut Perubahan Sistem

 

BATUI, SWARAKALTARA.COM–Petani Plasma Sawit PT Sawindo Cemerlang yang tergabung dalam Front Rakyat Batui Lingkar Sawit terus melakukan berbagai upaya perlawanan terhadap perusahaan sawit PT Sawindo Cemerlang. Pada Senin (11/1) lalu puluhan petani melakukan Aksi Demo di depan Kantor PT Sawindo Cemerlang. Aksi tersebut digelar sebagai bentuk penuntutan para petani terhadap perusahaan yang belum merealisasikan hasil kesepakatan yang telah di buat pada akhi bulan tahun lalu.

“Padahal hasil kesepakatan  bulan lalu, pihak PT Sawindo Cemerlang bersepakat untuk menyelesaikan semua permasalahan paling lambat akhir tahun 2020,” ungkap Hamdan Sina, Kordinator Aksi demo tersebut melalui press realesenya pada Swarakaltara.com.

Berbekal  hak sertifikat dan SKPT puluhan petani plasma sawit ini juga bersepakat untuk menolak semua bentuk kerja sama SPK/SPHU dan sistem tanggung renteng PT Sawindo Cemerlang yang dianggap tak berpihak pada petani. Para petani juga bersepakat akan mengambil alih lahan dam mengelola sawit secara mandiri.

“Lahan yang dijadikan Plasma Sawit merupakan satu-satunya sandaran ekonomi kami. Sudah sebelas tahun kami menderita dari bentuk kerja sama PT Sawindo Cemerlang. Hari ini kami akan mengambil apa yang menjadi hak kami,” ungkap Suparman, Petani Desa Ondo-ondolu, Kecamatan Batui Kabupaten Palu, Sulawesi Tengah.

Pada pertemuan antara  Front Rakyat Batui Lingkar Sawit dan PT Sawindo Cemerlang diaepakati  bahwa PT Sawindo Cemerlang akan meneruskan pengajuan 51 petani terhadap penolakan SPK/SPHu dan sistem tangung renteng. “Serta Petani Plasma Sawit juga akan melakukan pengelolaan lahan dan melakukan aktivitas di lahan masing-masing,” ungkap Hamdan Sina.

Foto              : Hamdan Sina

Penyunting : Yunu WH

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *