Home Post ASN Pemkab Malinau Saksikan Pelantikan Gubernur & Wakil Gubernur Kaltara Secara Virtual

ASN Pemkab Malinau Saksikan Pelantikan Gubernur & Wakil Gubernur Kaltara Secara Virtual

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati, Topan Amrullah dan Sekda Malinau, Ernes Silvanus serta ASN di lingkungan Pemkab Malinau ikut menyaksikan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Gubernur & Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Terpilih yang disiarkan secara live oleh akun youtube Sekretariat Negara.

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Gubernur-Wakil Gubernur terpilih Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. Zainal Arifin Paliwang dan Dr. Yansen TP M.Si di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2/21).

Sebelum dilantik, Zainal dan Yansen TP terlebih dahulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kirab juga diikuti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Kirab ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan. Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara Presiden Jokowi.

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara masa jabatan 2021-2024.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kepada Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ujar Jokowi yang kemudian diikuti oleh Zainal dan Yansen.

Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara ini menjadi yang pertama dari hasil Pilkada Serentak 2020 lalu. Zainal dan Yansen ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilkada Provinsi Kalimantan Utara 2020 dengan raihan 145.778 suara sah.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti melakukan serangkaian tes swab PCR sebelum hari pelantikan, memakai masker, menjaga jarak dan undangan yang hadir pun sangat terbatas.

Dr.Topan Amrullah mengatakan sebagai masyarakat Kabupaten Malinau sangat berbangga hati karna Bupati kita telah resmi menjadi Wakil Gubernur Kalimantan Utara.

“Untuk sisa masa jabatan beliau akan kami lanjutkan dan tahap kebijakan tidak ada lagi yang ditambahkan karna telah di putuskan bersama. Intinya kita akan lanjutkan kebijakan dan melengkapi hal-hal teknisnya,” ujarnya usai menyaksikan Pelantikan secara virtual.

Reporter : Abdul Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved