Kena Covid, Seorang. Napi Meninggal

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM– Seorang Narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan Nunukan Kalimantan Utara meninggal dengan status suspeck covid-19.
Informasi ini dibenarkan Perawat Lapas Nunukan Edi, ia menjelaskan, Napi dimaksud, dilarikan ke Puskesmas Nunukan kota karena mengeluh sesak nafas.
‘’Di Puskesmas Nunukan Kota dirapid anti body hasilnya negative, dibawa ke UGD RSUD Nunukan, ditangani dokter jantung dan kemudian ditempatkan di ruang sucpeck covid-19,’’ujarnya, dihubungi, Minggu (28/2/2021).
Tak lama menempati ruang suspeck covid-19, kondisi Napi tersebut memburuk dan mengakibatkan ia meninggal dunia.
Edi menegaskan, tidak ada dasar memberikan judgement covid-19 bagi narapidana tersebut, karena ia belum sempat di swab.
‘’Jadi dia baru ditangani dokter jantung, belum sempat ditangani paru parunya, dan belum swab, kondisinya memburuk, dan karena ditempatkan di ruang suspeck, pemakaman dilakukan dengan protocol kesehatan,’’jelasnya.
Dari infografis Satgas Covid-19 Nunukan, Napi tersebut bernama R (27) laki laki beralamat di jalan Lintas Lapas Nunukan Selatan.
Jubir Satgas Covid-19 Nunukan Aris Suyono menjelaskan, R merupakan pasien probable, yang masuk ruang ICU suspeck RSUD Nunukan pada Sabtu 27 Februari 2021 pukul 15.27 wita, akibat gagal nafas dan penurunan kesadaran.
R didiagnosa gangguan ginjal akut, syok kardiogenik dan pneumonia.
‘’Belum dilaksanakan pemeriksaan PCR/TCM, pemakaman dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pemakaman Terpadu Nunukan Selatan Sabtu, 27 Februari 2021 malam,’’jelasnya.
Data kasus konfirmasi covid-19, sampai 28 Februari 2021, terdapat penambahan sebanyak 8 kasus konfirmasi, sehingga jumlah kasus di kabupaten Nunukan sejumlah 1042 kasus, sebanyak 956 pasien dinyatakan sembuh dan 17 pasien meninggal dunia.
Zona sebaran wabah covid-19 di Nunukan masih di kategori zona sedang atau orange.

Reporter: Viq

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.