Tahap Pertama Vaksinasi, Ratusan Tenaga Kesehatan RSUD Malinau Disuntik Vaksin Covid-19

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sebanyak 401 dari 550 tenaga kesehatan (nakes)  yang bertugas di RSUD Malinau telah terdaftar di sistem informasi SDMK sebagai penerima vaksin Covid-19 Sinovac, Sabtu (13/2/21).

RSUD Malinau mendapatkan  804 dosis vaksin Covid-19 Sinovac untuk vaksinasi tahap pertama.

“Tenaga kesehatan di RSUD Malinau berjumlah kurang lebih 550, dan vaksin yang kami terima berjumlah 802, untuk 401 sasaran,” ujar Direktur Utama RSUD Malinau, Ni Putu Ria Citrawati kepada Swarakaltara.com.

Sebelumnya, sebanyak 10 sasaran yang merupakan pejabat dan penyelenggara pelayanan publik menerima vaksinasi Covid-19. Lalu diikuti sekira 400 Nakes dari RSUD Malinau.

Direktur RSUD Malinau, Ria Citrawati menambahkan, tenaga kesehatan yang menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama diprioritas bagi Nakes yang bertugas di bidang pelayanan.

Ia menjelaskan, sebanyak 804 vaksin Sinovac diperuntukkan untuk vaksinasi tahap pertama pada, Selasa (9/2) dan 14 hari setelahnya.

“Penerima kita prioritaskan untuk Nakes bagian pelayanan dulu, untuk vaksinasi pertama dan selanjutnya pada 22 atau 23 Februari nanti,” katanya.

Sebelum dilakukan vaksinasi Covid-19, tambahnya, petugas vaksinator terlebih dulu memeriksa kondisi kesehatan calon penerima.

Meliputi uji tekanan darah, dan keluhan lain yang dikhawatirkan dapat mengganggu proses vaksinasi Covid-19.

Setelah divaksin, penerima terlebih dulu harus beristirahat selama 30 menit untuk deteksi kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI.

“Sebelumnya, ada tahap screening dulu, begitupun setelah divaksin. Penerima vaksin di istirahatkan selama 30 menit untuk menghindari KIPI,” ungkapnya.

Diketahui, Kick off vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Malinau telah dilaksanakan di RSUD Malinau, Selasa (9/2/21) lalu. Vaksinasi tahap kedua bagi penerima vaksin, rencananya akan dilakukan pada 22 Februari mendatang.

Reporter : Abdul Gani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top