Tahun Ini Jalan Poros Prov Kaltara di Kabupaten Malinau Diperbaiki

Anggota Komisi III DPRD Hendri Tuwi meninjau kondisi jalan menju Desa Wisata Setulang (Foto/Hendri Tuwi)

MALINAU,SWARAKALTARA.COM–Pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan terutama pada wilayah-wilayah terpencil akan menjadi salah satu fokus legislative untuk diperjuangkan di pemerintahan. Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Kaltara Hendri Tuwi dalam beberapa kali reses di beberapa tempat di Kabupaten Malinau selama sepekan terakhir ini.

Secara khusus yang sudah diusulkan dan dikawal selama 1 tahun terakhir adalah terfokus Jalan Provinsi mulai dari Simpang 4 belakang Kantor Pusat Pemerintahan hingga Desa Wisata Setulang. Secara khususnya lagi ruas jalan tersebut mulai dari Lidung Keminci hingga Desa Setulang yang kondisinya belakangan sangat memprihatinkan.

“Saya tahu jalan tersebut sangat strategis karena menjadi akses beberpa desa untuk berbagai kepentingan. Penting juga karena jalan itu menjadi akses ke 3 lokasi tempat wisata di sana,” ungkap Hendri Tuwi.

Menurut Hendri Tuwi,  penanganan jalan tersebut semestinya dilakukan setiap tahun. Mengingat jalan tersebut cukup panjang. Dari Desa Lidung Keminci sampai Setulang mencapai lebih dari 10 KM.

“Pemikiran saya sejak awal sebelum jadi anggota DPRD bahkan, itu mesti dianggarkan setiap tahun. Jalan dari simpang 4 belakang kantor pusat pemerintahan hingga ke Setulang yang melewati beberapa desa. Harus dianggarkan setiap tahun,” kata Hendri Tuwi.

Mengingat pentingnya itulah Hendri Tuwi dalam setahun terakhir intens mengawal usulan pembangunan jalan tersebut.

“Berdasarkan info awal yang saya peroleh dari instansi pemerintah bahwa akan dialokasikan kisaran Rp.  7 M. Namun pada awal Januari 2021 kembali saya komunikasi lagi kepada pihak terkait dan bisa dipercaya, ternyata ada perubahan. Bahkan infonya sempat mau dipending oleh pimpinan pemerintah yang lama. Tapi bersyukur tidak jadi, namun anggaran disediakan lebih kurang 5 Milyar,” pungkas Hendri Tuwi.

Anggaran tersebut, imbuhnya, merupakan alokasi untuk pembangunan pada tahun 2021 ini.

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.