Home Post Komisi II Minta Pemda Malinau Awasi Distribusi BBM Bersubsidi

Komisi II Minta Pemda Malinau Awasi Distribusi BBM Bersubsidi

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Komisi II DPRD Malinau minta agar pemerintah daerah mengawasi distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di wilayah Kabupaten Malinau, Senin (1/3).

Hal itu disampaikan dalam agenda rapat dengar pendapat (RDP) dengan Badan Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Malinau dan dihadiri oleh perwakilan 3 APMS atau Agen Premium dan Minyak Solar, Kamis (25/2/21) lalu.

Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Malinau, Kus Fajar Rimawan mengatakan, pentingnya peran pengawasan pemerintah daerah terhadap distribusi bahan bakar premium.

“Hal yang tidak kalah penting ialah pengawasan dan distribusi bahan bakar premium,” ujar Kus Fajar.

Menurutnya, tim BBM yang telah dibentuk untuk mengawal kelancaran suplai BBM di Malinau harus melaporkan dengan jelas kuantitas premium yang disalurkan.

Termasuk ke wilayah prioritas BBM bersubsidi, yakni BBM satu harga di wilayah 3T. Tujuannya agar distribusi ke wilayah yang jauh dari perkotaan tersebut dapat dikawal dengan baik.

“Agar masyarakat yang diprioritaskan menikmati BBM bersubsidi dan terpenuhi hak-haknya,” ucapnya.

Dalam kegiatan RDP tersebut, anggota komisi II DPRD Malinau yang hadir yakni, Samuel Yusuf, Djalung Merang dan Herman. Termasuk anggota Komisi III DPRD Malinau Robinson Tadem juga turut menyuarakan pendapatnya.

Robinson menilai, pengawasan menjadi kunci keberhasilan distribusi BBM bersubsidi di Kabupaten Malinau, jika lepas dari pantauan pihak berwajib, BBM bersubsidi justru menjadi lahan bisnis bagi oknum-oknum tertentu.

Kepala Badan Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Malinau, Erly Sumiati juga telah menjelaskan persoalan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Malinau.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah telah menjalankan Program Langit Biru (PLB) sejak Oktober 2020 lalu, dengan menghadirkan pertalite sebagai alternatif bahan bakar jenis premium.

Sebagai pimpinan rapat dalam kegiatan RDP tersebut, Kus Fajar Rimawan juga mengapresiasi langkah yang telah diambil pemerintah daerah untuk mendukung PLB.

“Kami juga mengapresiasi langkah pemerintah daerah dalam mendukung program langit biru (PLB) yang telah dijalankan,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved