Desa Malinau Kota Salurkan BLT-DD Tahap II

Penyaluran BLT-DD Malinau Kota Tahap II, Plh. Kades: Kita Telah Salurkan Sesuai Petunjuk Teknis dan Mekanisme yang Berlaku

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Desa Malinau Kota yang saat ini sudah masuk di tahap kedua, telah sesuai petunjuk dan mekanisme yang ditentukan.

Plh. Kades Malinau Kota menyampaikan bahwa penyaluran BLT-DD yang di laksanakan di bulan April ini, sudah sesuai dengan intruksi dari pemerintah pusat. pihaknya menindaklanjuti dan merealisasikan ke dalam penyaluran langsung setelah dana itu diterima pihak Desa.

“Kami salurkan kepada 573 KK dan penerima akan mendapat insentif Rp300 ribu untuk setiap bulannya,” ucap Sopian, Plh Kades Malinau Kota.

Menurut Sopian, terkait pencairan BLT-DD tahap II di tahun ini, teknisnya berbeda dengan pencairan di tahun lalu. Jika di tahun lalu (2020) sistemnya dapat di rapel, namun sekarang berbeda karna mengikuti intruksi dari Kemenkeu dan Kemendes melalui DPMD Kabupaten Malinau.

“Terkait penyaluran di tahun ini, kami akan meminta tanda tangan 2 kali sebagai bukti penyaluran dan sebagai bukti untuk pencairan berikutnya,” ujar Sopian, Minggu (25/4/2021).

Jadi sistemnya, jelas Sopian, kita ajukan surat pertanggungjawaban (SPJ) dulu baru dapat dicairkan.

Pada penyaluran tahap pertama, keluarga penerima manfaat (KPM) banyak yang belum memahami terkait teknis penyaluran yang di berlakukan. Bahkan ada warga yang mempertanyakan mengapa harus tanda tangan 2 kali, namun dana yang diterima hanya untuk pencarian 1 bulan.

Dalam hal ini Plh. Kades Malinau Kota pun kembali menegaskan bahwa pelaksanaan teknis penyaluran dana bantuan sosial ini sangat berbeda dengan tahun yang lalu.

“Setiap KPM kita akan mintai tanda tangan 2 kali, karna sebagai bukti untuk mengajukan pencairan di tahap berikutnya. Ini dilakukan untuk membantu masyarakat agar pencairan dapat segera diselesaikan,” jelas Sopian.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait mekanisme pencairan, pihak Desa dan Rukun Tetangga (RT) akan terus mensosialisasikan mekanisme pencairan BLT-DD ini, agar jangan sampai ada kesalahpahaman baik antara Pemerintah Desa, RT maupun Warga.

“Melalui rapat dengan semua Ketua RT di wilayah Desa Malinau Kota, kita telah sampaikan untuk tolong memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait mekanisme dan teknis penyaluran BLT-DD yang berlaku ini, agar semuanya dapat mengerti,” imbuhnya.

Di bulan ini, pihak Desa Malinau Kota akan segera menyelesaikan penyaluran BLT-DD ini sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Kita berupaya pencairan di bulan April akan segera selesai dan akan di lanjutkan di bulan Mei, semoga sebelum lebaran semuanya dapat tersalurkan. Kita akan kejar itu,” katanya

Diketahui, Pemerintah Desa Malinau Kota telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk 573 KK. Untuk nominalnya, setiap penerima akan mendapatkan Rp300 ribu per KK setiap bulannya, satu tahun penuh.

BLT ini merupakan bantuan sosial yang menggunakan anggaran Dana Desa, dan tahun ini anggaran yang digelontorkan bahkan mencapai Rp 2 Milyar lebih, untuk jangka waktu selama satu tahun.

Ini merupakan sebagai upaya perlindungan sosial guna membantu ekonomi masyarakat bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Selaku pelaksana tugas harian Kepala Desa, Sopian juga berharap agar masyarakat dapat lebih bijak dalam menerima informasi terkait informasi bantuan sosial yang belum jelas kebenarannya. Untuk itu, pihaknya juga selalu terbuka apabila ada masyarakat yang ingin mengetahui lebih detail untuk penyaluran bantuan sosial ini.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.