Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Wempi Sidak Pasar Induk Malinau Kota

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Di momen bulan puasa dan jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Bupati Malinau Wempi W Mawa didampingi Wakil Bupati Jakaria, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Induk Malinau Kota, Kamis (29/4/2021).

Kedatangannya, untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan serta mengantisipasi melonjaknya harga sembako di Kabupaten Malinau, selama bulan puasa dan jelang perayaan Idul Fitri.

Di pasar Induk tersebut, orang nomor satu di Malinau ini, berinteraksi dengan pedagang terkait kondisi bahan pangan maupun komoditas lainnya.

Dimana, ada sejumlah jenis bahan pangan yang sebelumnya mengalami kenaikan harga seperti cabai rawit, karena bertambahnya permintaan dan stok yang terbatas.

Dipasar tersebut, rombongan Bupati memantau harga kebutuhan pokok seperti cabai, beras, telur, sayuran dan lainnya.

Jika minggu sebelumnya untuk komoditas cabai rawit yang mengalami kenaikan harga mencapai Rp150 ribu per Kilogramnya, sekarang sudah turun dikisaran Rp120 ribu – Rp130 ribu per Kg.

Untuk semua kebutuhan pokok tersedia dan dipastikan aman selama bulan puasa dan jelang Idul Fitri. Wempi juga meminta kepada Perangkat Daerah terkait, agar terus memantau stok bahan pokok dan kebutuhan pangan masyarakat, agar tetap terpenuhi selama bulan Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Dari komunikasi saya dengan beberapa pedagang, mereka katakan semua harga relatif stabil. Ketersediaan stok bahan pokok juga cukup,” ujarnya kepada awak media.

Kedepan inilah yang harus dipertahankan, tambah Wempi, dan terkait hasil produksi dari Petani lokal saat ini masih normal.

Usai sidak Bupati Wempi juga berpesan ke semua pihak khususnya pedagang di Pasar Induk Malinau Kota, agar lebih menjaga kenyamanan dan kebersihan di lingkungan pasar.

“Untuk semua pembeli maupun pedagang di Pasar, kita harap lebih menjaga kebersihan lingkungan di Pasar, serta disiplin taati protokol kesehatan. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

Bupati Wempi juga memberikan apresiasi kepada seluruh pedagang di Pasar Induk, walaupun sedang bekerja tapi protokol kesehatan Covid-19 disiplin tetap dijalankan.

“Dari sidak ini pasti kedepan akan kita tindak lanjuti, yang penting sekarang saya lihat langsung dan mendengar semua aspirasi dari pelaku pasar. Agar kita tahu persoalan yang harus diselesaikan untuk kedepan” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *