Operasi Keselamatan Kayan 2021, Kasatlantas : Tertib Berlalu-Lintas dan Tercipta Rasa Aman

 MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Jajaran Kepolisian Resor Malinau, mulai Senin (12/4) , menggelar Operasi Keselamatan Kayan selama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Operasi Keselamatan Kayan tersebut, dilakukan hingga dua pekan kedepan guna memberikan rasa aman dan menekan angka kecelakaan dijalan khususnya di Kabupaten Malinau selama kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan.

Selain itu, Operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan dan tercipta rasa aman.

Kasatlantas Polres Malinau, Iptu H. Supangat mengatakan, sasaran dari operasi keselamatan kayan ini adalah masyarakat umum yang bersifat preventif dan pre-emptif yang artinya kita melakukan pencegahan, pembinaan, teguran lisan-tertulis dijalan, namun tidak melakukan penilangan.

“Operasi ini juga untuk lebih mensosialisasikan protokol kesehatan 5M kepada masyarakat, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi sosial,” jelasnya.

Untuk mekanisme pelaksanaannya di lapangan, jajaran Polres Malinau akan turun ke jalan-jalan raya, di Pasar, Terminal maupun di setiap tempat keramaian masyarakat. Untuk memberikan himbauan dan sosialisasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dijalan.

“Jika kita bertemu masyarakat yang tidak menggunakan masker, kita akan berikan masker secara gratis. Maupun masyarakat yang tidak menggunakan helm dijalan, pasti kita akan tegur, tapi tidak ditilang. Istilahnya ini adalah operasi senyum, yang artinya kita harus lebih ramah dan humanis kepada masyarakat,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Operasi ini juga bertujuan agar masyarakat lebih tertib berlalu lintas dan guna meminimalisir pelanggaran kecelakaan dan tindak kriminal selama bulan suci ramadhan.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *