Home Kaltara DLH Malinau Siapkan 9 Unit Armada, Antisipasi Peningkatan Sampah di Momen Lebaran

DLH Malinau Siapkan 9 Unit Armada, Antisipasi Peningkatan Sampah di Momen Lebaran

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malinau akan mengerahkan sejumlah personel untuk antisipasi peningkatan volume sampah di momen Lebaran tahun ini.

DLH Malinau telah menyiapkan skema terkait pengangkutan sampah pada lebaran Idul Fitri 2021.

Dalam skema tersebut, pihaknya akan siagakan 9 unit armada truck untuk pengangkutan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malinau, Frent Tomi Lukas mengatakan, pihaknya akan mempercepat penanganan sampah pada perayaan Idul Fitri tahun ini.

“Para petugas kami dilapangan akan lebih ekstra bekerja untuk mempercepat pengangkutan sampah. Kami akan siagakan petugas pada jam 4 shubuh, hingga selesai,” ujarnya.

Menurutnya, jika para petugas di lapangan bekerja dari jam 4 shubuh, diperkirakan jam 6 pagi sudah selesai.

“Jadi, untuk para petugas yang muslim dipastikan akan tetap bisa menunaikan ibadah sholat Idul Fitri,” tuturnya.

Tomi mengungkapkan, penanganan ekstra terkait sampah pada perayaan Idul Fitri 1442 H, tetap dilakukan pihaknya dengan memaksimalkan semua petugas dilapangan dan unit pengangkutan sampah.

Pasalnya, dari pengalaman tahun lalu, malam sebelum lebaran kerap menjadi puncak dari tumpukan sampah.

“Kita akan siapkan 9 Unit Truck pengangkut sampah, dan ada beberapa bantuan operasional dari pihak perusahaan. Itu akan dimaksimalkan semua,” ungkapnya.

Terkait jam pembuangan sampah jelang lebaran, kata Tomi, itu masih sama seperti hari-hari biasanya, dan semua unit akan disiapkan berikut personilnya.

Frent Tomi Lukas, Kadis DLH itu berharap semoga pada saat perayaan lebaran ini, tumpukan sampah dari masyarakat tidak terlalu banyak.

“Kita juga sampaikan imbauan kepada masyarakat, agar lebih bijak dalam mengelola sampahnya masing-masing saat lebaran,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved