Penyusunan Ranwal RPJMD, Pemkab Malinau Gelar Konsultasi Publik

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dalam Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Kabupaten Malinau 2021-2026, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Malinau melakukan kegiatan konsultasi publik kepada seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan.

Hal itu dilakukan untuk menentukan tujuan dan sasaran daerah sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Malinau, Selasa (25/5) pagi.

Kegiatan yang dilakukan di ruang Tebengang, Kantor Bupati Malinau tersebut, ialah sebagai langkah awal untuk merumuskan tujuan dan sasaran daerah dalam RPJMD.

Harapanya adalah mendapatkan satu misi dan satu kesepahaman tujuan dan sasaran Kabupaten Malinau di tahun 2021-2026, untuk terciptanya kemajuan di daerah.

Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E, dalam kesempatannya secara resmi telah membuka kegiatan konsultasi publik Ranwal RPJMD Malinau tersebut.

Ia menyampaikan, bahwa konsultasi publik yang dilaksanakan ini, merupakan tahapan dari rencana pembangunan daerah untuk memperoleh masukan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kabupaten Malinau.

Melalui konsultasi ini, tambahnya, diharapkan dapat menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah.

Sehingga pada nantinya dapat diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Malinau.

“Dalam kerangka penyusunan RPJMD, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Ia menekankan, terkait penyusunan RPJMD, diharapkan dapat dijabarkan sampai tingkat desa, sehingga terwujud sinergisitas baik dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan.

Baik dari Jajaran OPD bahkan sampai di tingkat Desa dan RT.

Bupati Wempi juga meminta, agar seluruh OPD dapat menjabarkan visi-misi Kabupaten Malinau dengan sebaik-baiknya.

Dengan menyusun sasaran program prioritas OPD beserta indikator kinerjanya yang terkait langsung dengan pencapaian visi misi Pemerintah Daerah.

“Sekali lagi mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Malinau,” katanya.

Wempi menyampaikan, bahwa hanya dengan komitmen yang tinggi serta kerjasama yang baik, dengan melibatkan seluruh kelompok dan lapisan masyarakat capaian program prioritas pasti dapat terwujud.

“Melalui kerjasama yang baik dan Pemerintahan yang profesional, dipastikan akan dapat mewujudkan Kabupaten Malinau yang mandiri, damai dan sejahtera,” pungkasnya.

Reporter : Abd. Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.