Gunakan Baju Adat Daerah, Bupati Malinau Ikuti Upacara Hari Pancasila Secara Virtual

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Bupati Malinau Wempi W Mawa, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, bertempat di Ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, Selasa (1/6/2021).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual kali ini, berlangsung sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Jumlah peserta upacara juga dibatasi hanya diikuti oleh jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, para asisten dan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Malinau, serta tokoh adat dan masyarakat Kabupaten Malinau.

Dalam upacara tersebut, Bupati Malinau dan para peserta upacara ikut mendengarkan pidato Presiden Indonesia Joko Widodo yang mengusung tema “Pancasila dalam Tindakan, bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

Usai upacara, dalam kesempatannya Bupati Wempi menyampaikan harapannya agar Pancasila bisa menjadi kekuatan bagi bangsa untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang tengah melanda Negeri ini.

Semangat gotong royong dalam Pancasila bisa diterapkan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Semangat gotong royong di masyarakat harapannya bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Malinau, masyarakat harus bahu membahu dan berpartisipasi aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara Itu, Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini, harus benar-benar kita manfaatkan untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Beliau juga mengatakan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi.

Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Di akhir amanatnya, Jokowi mengajak seluruh aparat Pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.

“Hal itu harus kita lakukan untuk mewujudkan Indonesia maju, cita-cita yang telah lama kita impikan,” pungkasnya.

Reporter : Abd Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *