Dongkrak Bidang Pemberdayaan, Bupati Malinau Buka Pelatihan Menjahit

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelatihan keterampilan kerja sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja dalam penguasaan keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari peluang dan potensi sumber pendapatan.

Hal ini yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau lewat Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati baru, pihaknya membuka pelatihan keterampilan menjahit dan payet busana untuk masyarakat, khususnya bagi kaum Ibu-ibu di Kabupaten Malinau.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa didampingi Wabup Jakaria dan jajaran Forkopimda Malinau, bertempat di Kantor PKK Malinau, Senin (30/8/2021).

“Kegiatan ini merupakan program untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok,” ucap Bupati Wempi.

Kegiatan ini, tambahnya, juga sebagai langkah memecahkan berbagai permasalahan yang berkaitan pada upaya peningkatan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga berharap, agar setelah kegiatan ini kepada peserta untuk bisa mempraktekkannya, sebagai sektor yang potensial dalam peningkatan ekonomi. Sehingga para peserta bisa saling berkesinambungan dari permodalan, produksi, pemasaran dan pemanfaatan produk secara luas.

Diketahui, para peserta pelatihan berjumlah 40 orang terbagi menjadi 2 kelompok, yakni 20 peserta pelatihan menjahit dan 20 peserta pelatihan payet busana. Kegiatan akan diselenggarakan selama 10 hari kedepan, dan melibatkan para wanita di wilayah Kabupaten Malinau.

Bupati Wempi menambahkan, dengan adanya pelatihan menjahit ini, pihaknya berharap para peserta dapat menjadi mandiri, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian rumah tangga maupun keluarga.

Sementara itu, salah seorang peserta Ibu Dewi saat di temui Swarakaltara.com mengatakan, sangat berterimakasih kepada pihak Pemkab Malinau, karena telah membuka pelatihan keterampilan ini.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan ini nanti dapat membantunya dalam menumbuhkan perekonomian.

“Kami berharap kepada jajaran Pemkab Malinau, juga dapat memberikan bantuan permodalan untuk kami lebih mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *