Peringati HUT Ke 76 RI Di Karang Unarang, Begini Harapan Gubernur Kaltara

NUNUKAN, SWARAKALTARA. COM – Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang menginginkan bantuan pemerintah pusat untuk melakukan reklamasi di kawasan Ambalat di sekitar suar Karang Unarang.

‘’Kita mohon bantuan pemerintah untuk kita lakukan reklamasi di Karang Unarang agar kita bisa bangun pos-pos penjagaan,’’ ujarnya ditemui pasca upacara HUT RI 76, Selasa (17/8/2021).

Menurutnya, areal Karang Unarang memiliki potensi kuat sebagai wahana wisata perbatasan Negara.

Ada dua keuntungan ketika keinginan tersebut terlaksana, yang pertama adalah secara alami Ambalat akan terjaga ketika menjadi kawasan reklamasi.

Dan kedua, manakala lokasi dimaksud dijadikan salah satu destinasi wisata, pengawasan keluar masuk orang dan barang di perbatasan laut lebih terpantau dan menghasilkan secara ekonomi.

‘’Keinginan kita bisa melakukan reklamasi dengan luas sekitar 200 x 200 meter. Kedepan bisa jadi kita akan kembangkan lagi menjadi sarana wisata. Mohon dukungan pemerintah pusat untuk bisa memperhatikan ini, dan mudah-mudahan Karang Unarang ini bisa dibangun pos terpadu,’’ harapnya.

Banyak harapan dan keinginan untuk membangun provinsi termuda di Indonesia ini.

Terlebih Kalimantan Utara memiliki banyak wilayah yang masuk kategori 3T sehingga misi membangun dari pinggiran masih selalu menjadi sebuah harapan.

‘’Sesuai dengan tema HUT ke 76 RI, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Kita coba percepat laju pembangunan sebagai akses untuk tumbuh. Kita kembalikan kekayaan SDA kepada masyarakat Kaltara, hal itu akan menimbulkan semangat dan membuat warga Kaltara menjadi tangguh,’’ lanjutnya.

Zainal didapuk menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan HUT ke 76 RI di Karang Unarang.

Dari atas KRI Gusti Ngurah Rai, ia mengaku bangga bisa terlibat dalam seremoni bersejarah tersebut.

Karang Unarang menurutnya, adalah sebuah pertanda dan monument kokoh yang tidak boleh diganggu gugat.

‘’Kita memaknai HUT ke 76 RI sebagai kebangkitan di tengah pandemi. Semangat Indonesia yang tangguh harus tumbuh di setiap orang sehingga bersama sama andil dalam memerangi COVID-19 dan menjadikan Indonesia bangkit dari keterpurukan,’’ kata Zainal.

Reporter : viqor

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.