Pimpin Upacara HUT ke-76 RI, Bupati Ajak Masyarakat Bangkit & Merdeka dari Pandemi

MALINAU, SWARAKALTARA-COM – Dengan menggunakan pakaian adat Dayak, Bupati Malinau Wempi W Mawa menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Malinau, Selasa (17/8/2021) pagi.

Upacara HUT RI tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 sehingga peserta dibatasi dan acara digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara juga turut dihadiri Dandim 0910 Malinau, Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, dan Ketua DPRD Malinau serta beberapa unsur pejabat lainnya.

Kegiatan digelar sederhana. Meski demikian, suasana tetap berjalan khidmat. Dalam momen ini, hanya ada 6 pasukan pengibar bendera dan diikuti oleh beberapa peserta upacara. Terdiri atas unsur TNI, Polri, Satpol PP dan ASN di lingkungan Pemkab Malinau.

Ditemui usai pelaksanaan upacara bendera, dalam kesempatannya, Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengatakan, bahwa Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini kembali diperingati secara sederhana dan terbatas, dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

“Tentunya hal itu tanpa mengurangi khidmat dan makna penting yang terkandung di dalam peringatan hari bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia,” ucapnya.

Dengan slogan Berubah, Maju, dan Sejahtera, Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Malinau untuk bangkit dari pandemi dan merdeka dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Untuk melakukan itu, kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, tapi butuh kerjasama dan kebersamaan untuk menuju perubahan ke arah yang lebih baik,” imbuhnya.

Ia pun berpesan, khususnya untuk anak-anak muda Malinau, agar semangat juang, jiwa pengorbanan dan ketangguhan para pahlawan harus kita pupuk bersama.

Terlebih saat ini masih mewabahnya pandemi Covid-19, tambahnya, sesuai dengan tema pada HUT RI Ke-76 “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, ia mengajak semua masyarakat untuk berjuang dan bangkit dari pandemi Covid-19.

Reporter : Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *