Operasi Zebra Kayan 2021, Kapolres: Selain Tertib Lalu Lintas, Target Operasi Ini Memutus Penyebaran Covid-19

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Jajaran Polres Malinau menggelar Operasi Zebra Kayan 2021 terhitung 15-28 November 2021, di wilayah Kabupaten Malinau.

Kegiatan yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia itu, tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas atau tilang. Tetapi kegiatan akan lebih diarahkan pada pola preemtif dan preventif. Yakni tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat. Dengan target operasi yang harus dicapai yaitu memutus penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Kapolres Malinau, AKBP Reza Pahlevi saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Kayan 2021 di Lapangan Mapolres Malinau, Senin (15/11/2021).

Sesuai amanat UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Polri khususnya Satlantas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait, dan pemangku kebijakan lainnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas.

Selain itu, menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas guna terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

“Terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif di era pandemi Covid-19 saat ini, tentunya memerlukan upaya dan kerja keras dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” katanya.

Adapun upaya-upaya preemtif dan preventif, lanjut Kapolres, dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang–undangan lalu lintas. Maka Polres Malinau dan jajaran menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Zebra Kayan 2021.

Ia menambahkan, masyarakat yang melanggar dalam Operasi Zebra Kayan 2021 ini, akan diberi sanksi dengan tindakan preventif dengan mengedepankan kedisiplinan berlalu lintas.

Operasi Zebra akan berlangsung seluruh wilayah hukum Republik Indonesia, salah satunya di wilayah hukum Polres Malinau, Polda Kaltara yang menerjunkan para personil dari Kepolisian dan lintas instansi terkait, seperti unsur TNI Kodim 0910 Malinau, Satpol PP, Dishub, dan organisasi Senkom Mitra Polri Kabupaten Malinau.

AKBP Reza Pahlevi menyebutkan, selama Operasi Zebra Kayan berlangsung, Kepolisian juga akan mengawasi protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan masyarakat.

Masyarakat diminta agar tetap mematuhi protokol kesehatan dari mulai memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak agar tidak berkerumun.

“Karena ini masa pandemi tetap kita ingatkan masyarakat untuk lebih lagi meningkatkan protokol kesehatan. Meski saat ini Kabupaten Malinau telah turun level menjadi level 2, namun jangan terlalu euforia. Jadi penerapan prokes harus tetap dijalankan dan ini kita tekankan kepada masyarakat,” pungkasnya.(*)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.