Peringati HKN ke-57 Tahun, Pemkab Malinau Gelar Vaksinasi Massal

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-57 Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau menggelar senam sehat dan vaksinasi massal untuk dosis I dan II bagi masyarakat Kabupaten Malinau, yang terpusat di Panggung Padan Liu Burung, Arena Prosehat Pelangi Intimung Malinau, Jum’at (12/11/2021).

Menteri Kesehatan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengatakan, Pandemi COVID-19 telah mengguncang sistem kesehatan global, kendaraan kita menuju dunia yang aman dan sehat serta menghantar kita pada dua pilihan, yaitu mempertahankan status quo atau memilih perubahan.

“Selama hampir dua tahun, pandemi Covid-19 telah menguji status quo sistem kesehatan kita. Namun kita patut bersyukur juga tetap waspada. Sebentar lagi kita menyambut libur Natal dan tahun baru. Ingat, COVID-19 masih ada di tengah kita,” ujar Bupati Wempi.

Melalui pengalaman yang lalu, tambahnya, antisipasi yang harus dilakukan ialah lonjakan kasus diprediksi terjadi setelah libur panjang.

“Ketika banyak orang berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan handai taulan, di sanalah Covid-19 menyebar,” katanya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada semua pihak dan secara khusus untuk masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk yang belum di vaksin, segeralah ikut vaksinasi. Lalu tetap jalankan testing & tracing pada orang yang bergejala dan kontak erat,” tutur Bupati Malinau, Wempi W Mawa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, dr. Jhon Felix Rundupadang mengatakan, setiap tanggal 12 November merupakan Hari Kesehatan Nasional yang setiap tahun dirayakan dengan berbagai kegiatan baik bhakti sosial maupun olahraga.

Namun, karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19 semua kegiatan dibatasi. Hanya saja, Dinas Kesehatan Malinau menggelar Vaksinasi Massal kepada masyarakat umum untuk dosis I dan II dalam upaya untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Dalam kegiatan vaksinasi massal ini, Dinas Kesehatan Malinau mengerahkan Nakesnya dan dibantu oleh serbuan vaksinasi dari TNI-Polri, yakni Kodim 0910 Malinau dan Polres Malinau.

dr. Jhon Felix menyebut, upaya percepatan vaksinasi Covid-19 salah satunya dilakukan dengan mendekatkan pos-pos vaksinasi di tengah-tengah lingkungan warga.

Ia menambahkan, melalui Intruksi Pemerintah Pusat yang setiap daerah diupayakan untuk bisa mencapai minimal 70 % cakupan vaksinasi pada akhir tahun 2021.

Menurutnya, dengan cakupan vaksinasi yang telah dicapai di wilayah Kabupaten Malinau, pihaknya bersama Satgas Penanganan Covid-19 daerah akan lebih berupaya mencapai target itu pada pertengahan November 2021 ini.

Tepatnya pada Hari Kesehatan Nasional yang diperingati pada 12 November 2021, pihaknya optimis dapat menembus target cakupan minimal.

“Kita optimis bisa capai target itu. Bersama Satgas Covid-19 daerah, kita upayakan di hari Kesehatan Nasional target 70% sudah tercapai,” pungkasnya.(*)

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.